Kanim Pamekasan Kukuhkan Tim PORA Tingkat Kecamatan, Guna Perkuat Pengawasan Orang Asing

Pamekasan,Harnasnews.com – Kantor Imigrasi Kelas III Pamekasan mengukuhkan 158 Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) tingkat kecamatan. Ratusan Tim PORA ini berasal dari tiga Kabupaten, yakni Kabupaten Sampang, Pamekasan, dan Kabupaten Sumenep. Acara berlangsung di Pendopo Agung Ronggosukowati, Kabupaten Pamekasan, Selasa (15/5/18).


Pengukuhan ditandai dengan pemasangan rompi dan topi Tim PORA secara simbolis oleh Plh. Bupati Pamekasan, Mohammad Alwi, disaksikan anggota Forkompinda Kabupaten Pamekasan. Para peserta terdiri dari Camat, Kapolsek serta Danramil dari masing-masing tiga Kabupaten.

Plh. Bupati Pamekasan dalam amanatnya menegaskan, bahwa pentingnya pengawasan terhadap keberadaan dan kegiatan Orang Asing hingga ke tingkat pemerintahan terkecil untuk mencegah pengaruh-pengaruh negatif dari luar yang dapat mengancam kedaulatan NKRI.

“Semua pihak harus terlibat dalam pengawasan terhadap orang asing. Sebab, keberadaan mereka masuk ke semua wilayah hingga tingkat dusun, sehingga perlu dibentuk Tim bersama,” tegas Mohammad Alwi.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Pamekasan, Usman, SH, M.Hum mengatakan, dalam pengawasan terhadap Orang Asing, pihak Imigrasi tidak dapat bekerja sendiri. Pembentukan Tim PORA hingga tingkat Kecamatan diharapkan dapat menjadi wadah pertukaran informasi mengenai keberadaan dan kegiatan Orang Asing di wilayah sekitarnya sehingga fungsi pengawasan dapat dilakukan secara efektif.

Leave A Reply

Your email address will not be published.