Kemenperin: Indeks Kepercayaan Industri September Ekspansif di 52,51

Sementara sisanya yakni sebanyak enam subsektor tercatat mengalami kontraksi antara lain subsektor tekstil, subsektor pakaian jadi, subsektor kayu, barang dari kayu, dan gabus, subsektor pengolahan lainnya, serta subsektor barang galian bukan logam. Keenam subsektor itu menyumbang 11,8 persen PDB industri pengolahan nonmigas triwulan II-2023.

Secara umum, dirinya menuturkan kepercayaan industri pada bulan September 2023 masih sangat baik. Nilai IKI yang mengalami ekspansi pun sejalan dengan persentase pelaku usaha yang menyatakan kondisi kegiatan usahanya meningkat mencapai 32,7 persen.

Selain itu, pelaku usaha yang menyatakan kondisi usahanya stabil yakni mencapai 44,8 persen, sedangkan pelaku usaha yang menyatakan kondisi usahanya menurun sebesar 22,5 persen.

Untuk 6 bulan ke depan, kata Febri, kebanyakan pelaku usaha pada September 2023 masih optimistis memandang kondisi usaha mereka, yakni mencapai 63,5 persen. Sisanya sebanyak 24,9 persen pelaku usaha pun menyatakan kondisi usahanya stabil dan 11,6 persen pesimis terhadap kondisi usahanya dalam 6 bulan ke depan. Dilansir dari antara.

“Mayoritas responden yang menjawab optimis menyampaikan keyakinannya bahwa kondisi pasar akan membaik dan kepercayaannya karena kebijakan pemerintah pusat yang lebih naik,” ujarnya. (sls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.