Kementerian ESDM: PLTS Atap Kunci Keberhasilan Bauran Energi Nasional

JAKARTA, Harnasnews.com – Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang dipasang di atap bangunan menjadi kunci keberhasilan pertumbuhan energi hijau dalam target bauran energi nasional sebesar 23 persen pada 2025.

“Per Januari 2021 sudah ada 3.152 pelanggan dengan total kapasitas terpasang mencapai 22.632 Mega Watt peak (MWp),” kata Dadan dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Pemasangan pembangkit listrik surya terbesar dilakukan oleh Coca Cola di Cikarang, Jawa Barat, dengan kapasitas mencapai 7,2 MWp, yang diklaim terbesar di Asia Tenggara.

Selanjutnya ada PLTS atap Danone Aqua sebesar 3 MWp, PLTS atap refenery unit 3,36 MWp, PLTS atap Sei Mangkei 2 MWp, PLTS atap Kementerian ESDM 869 kWp, PLTS atap Angkasa Pura II 241 kWp, dan PLTS atap SPBU Pertamina 52 kWp.

“Perhitungan ini belum termasuk pelanggan rumah tangga yang trennya semakin naik. Kami optimis terhadap peluang tenaga surya ini,” kata Dadan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.