Kerap Mangkir Sidang Karena Sakit, Ternyata Terdakwa Alvin Lim Sehat

Menurut Ali, terdakwa Alim Lim yang berprofesi sebagai advokat tentunya sangat mengerti celah-celah hukum demi menghindar dari persidangan.

“Terlebih lagi dengan dakwaannya terkait pemalsuan dokumen. Dari riwayat acara sidang pidananya kita bisa lihat yang mungkin akan terjadi. Tinggal menstimulan naiknya tekanan darah atau kadar gula jelang sidang dan kemudian pingsan pada sidang kedepan, sehingga kemudian dokter memeriksa dan menyatakan sakit. Upaya itu sudah cukup untuk memposisikan dirinya sebagai pihak yang teraniaya dan kemudian lolos dari tuntutan karena proses persidangan yang tidak sesuai dengan HAM,” Ali menganalisa.

Lebih lanjut, kata Ali, sebenarnya hakim bisa menghadirkan dokter yang mengeluarkan Surat Keterangan Sakit dari terdakwa dihadapan pengadilan dan mempertanyakan dahulu keaslian surat sakit yang sering dikeluarkan tersebut.

“Kalau memang asli, baru kemudian bisa lanjut mendalami bagaimana caranya terdakwa AL bisa sakit setiap menjelang persidangannya namun terlihat baik-baik saja pada hari lainnya,” tutur Ali.

Karenanya, kata Ali, dalam kondisi seperti ini bahkan hakim bisa merekomendasikan rumah sakit tertentu untuk memeriksa kesehatan terdakwa lebih jauh. “Kita punya rumah sakit yang kredibel seperti RSPAD yang biasa jadi rujukan bahkan rujukan untuk seorang presiden sekalipun”, tutup Ali.

Leave A Reply

Your email address will not be published.