Kesiapan  UT Memasuki  Era  REVOLUSI INDUSTRI 4.0  

Suasana Pelatihan Tutor ketika Dr.Adi Suryanto, M.Pd menyajikan materi.( Foto : Adi HNN )

SURABAYA,Harnasnews.com –  Saat ini dunia sedang memasuki abad 21 dan para ilmuwan menyebutnya era Revolusi Industri 4.0. Era ini berdampak pada dunia pendidikan salah satunya adalah kemampuan Perguruan Tinggi dalam menyiapkan lulusan yang peduli dan mampu mengikuti perkembangan industri dan teknologi modern.

Revolusi industri 4.0 ini ditandai dengan meningkatnya konektivitas, interaksi, dan batas antara manusia, mesin, dan sumber daya lainnya yang semakin konvergen melalui teknologi informasi dan komunikasi.

Implementasi era Revolusi Industri 4.0 menuntut Perguruan Tinggi untuk mampu melakukan redesain kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pangsa kerja serta merancang sistem pembelajaran dimana dosen dan mahasiswa terampil dalam menggunakan teknologi dan informasi.

Trend sistem pembelajaran pada era saat ini lebih menekankan pengintegrasian teknologi dalam proses belajar mengajar. Sebagaimana telah berlangsung saat ini segala sistem kehidupan kita sangat bergantung pada teknologi mulai mulai dari jual beli online, ojek online, toko buku online, kuliah online hingga tenaga manusia yang bisa digantikan oleh robot.

Informasi tersedia dimana saja dan kapan saja, semua hal terutama pekerjaan rutin dapat terselesaikan cepat dan otomatis hanya dengan memakai mesin, dan komunikasi bisa terjadi dimana saja, kemana saja.

Pada masa sekarang, kompetisi antar lembaga pendidikan berlangsung dengan sangat ketat, persoalan produktivitas menjadi salah satu penentu keberlangsungan lembaga pendidikan di samping persoalan kualitas dan kemampuan para dosen atau tutor.

Program pelatihan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dapat membantu pencapaian lebih maksimal pada ketiga persoalan tersebut bagi sebuah perguruan tinggi. Menurut Teguh Prakoso, M.Hum Direktur UT Surabaya, itu pula yang melatarbelakangi perlunya pelatihan bagi para tutor di Universitas Terbuka.

Labih lanjut Teguh berharap, “dalam rangka meningkatkan kualitas tutor, khususnya bagi tutor Tutorial Tatap Muka, Universitas Terbuka Surabaya menyelenggarakan Pelatihan Tutor (Pelatut) Tutorial Tatap Muka di Hotel Grand Inna Tunjungan Surabaya selama 3 hari pada tanggal 9-11 November 2018.

Leave A Reply

Your email address will not be published.