Ketua DPD: Percepatan Penetapan KPI Pacu Pertumbuhan Ekonomi Daerah

JAKARTA, Harnasnews.com – Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti meminta penetapan Kawasan Peruntukan Industri (KPI) di daerah-daerah potensial dipercepat guna meningkatkan investasi, memacu pertumbuhan ekonomi daerah dan membuka lapangan kerja.

“Pemerintah harus mengambil langkah cepat. Sebab, angka pengangguran terdampak COVID, ditambah lagi angkatan kerja lulusan sekolah maupun sarjana, semakin banyak,” ujar Ketua DPD LaNyalla dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Berdasarkan data BPS, sebanyak 29,12 juta orang (14,28 persen) jumlah usia kerja terdampak COVID-19. Dengan rincian pengangguran karena COVID-19 sebanyak 2,56 juta orang, bukan angkatan kerja karena COVID-19 yakni 0,76 juta orang, sementara orang yang tidak bekerja karena COVID-19 sebesar 1,77 juta orang.

Senator asal Jawa Timur itu mengingatkan penetapan KPI harus dilakukan sesuai Permenperin Nomor 30 Tahun 2020 tentang Kriteria Teknis Kawasan Peruntukan Industri.

“Kriteria-kriteria yang ada sudah jelas, dan itu wajib dipenuhi agar investor tertarik untuk masuk. Kemudian yang paling utama adalah adanya koordinasi dan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah sehingga pengembangan wilayah KPI berjalan lancar,” kata Ketua DPD, dikutip dari antara.

Leave A Reply

Your email address will not be published.