KH Marsudi Syuhud Secara Resmi Didaulat Jadi Dewan Penasehat APDESI

DEPOK, Harnasnews – Ketua Umum Assosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Arifin Abdul Majid,  kembali melakukan kunjungan ke kantor Dr. KH Marsudi Syuhud, MM di Rumah Batu, Sawangan Depok, Rabu (27/04/22).

Kunjungannya kali ini merupakan tindak lanjut dari acara silaturahmi sebelumnya. Ketua Umum KH Marsudi Syuhud secara simbolis dipercaya sebagai Dewan Penasehat DPP APDESI. Dalam kesempatan itu Ketua Umum Arifin Abdul Majid, sekaligus juga menyampaikan hasil Rapat Pimpinan APDESI yang sudah memutuskan dan mengangkat Dr KH Marsudi Syuhud MM menjadi Dewan Penasehat DPP APDESI.

“Alhamdulilah siang hari ini, saya Ketua Umum Apdesi didampingi oleh pengurus lain diantaranya Sekjen Minang dari Aceh dan Suparman salah satu unsur Ketua DPD Sumatera Utara. Kami mengadakan silaturahmi ke kediaman Bapak Dr.KH Marsudi Syuhud yang juga dihadiri oleh beberapa rekan media,” ucap Ketua Umum Apdesi Arifin Abdul Majid di Depok Rabu (27/04/2022).

Menurut dia, pertemuan itu menindaklanjuti silaturahmi beberapa hari yang lalu. Kedua ada kesamaan antara kegiatan beliau MBD dengan Apdesi dalam rangka sama-sama membangun desa dan ketahanan pangan di seluruh Indonesia. Dari pembicaraan yang disampaikan oleh KH Marsudi Syuhud ada beberapa poin yang diserap artinya program-program “Mari Membangun Desa’ selaras dengan konsepnya dengan program Apdesi 5 tahun kedepan yang di antaranya adalah Desa Digital Desa Ketahanan Pangan dan Kemandirian Usaha di tingkat desa.

“Dari kegiatan tersebut kami pun juga menyampaikan ada beberapa hal yaitu yang disebut dengan 4 program pemberdayaan warga desa diantaranya adalah Konsolidasi Organisasi, kedua adalah Reorganisasi Kegiatan Pengorganisasian peran-peran perempuan dan pemuda dan peningkatan Kapasitas Usaha di tingkat Desa,” ujarnya.

Dikatakannya, hasil pertemuan pertama dengan Kyai, sudah dibawa ke forum DPP di Rapat Pimpinan DPP Apdesi dan akhirnya secara sepakat Dr. KH Marsudi Syuhud dinobatkan menjadi Dewan Penasehat Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia DPP APDESI Periode 2021-2026. Dan sekaligus diserahkan surat penetapan dari DPP Apdesi.

“Adapun tgas-tugas beliau adalah memberikan sumbangan pemikiran kepada Apdesi untuk melakukan dan mensukseskan program Apdesi yang ditetapkan dari hasil Munas 2021 dan beliau pun juga memberikan gambaran-gambaran program desa yang lebih kompeten tentang Dewan Penasehat yaitu mengarahkan kepada kami untuk benar-benar menjadi organisasi yang mengedepankan kepentingan desa dan masyarakat desa,” tegas Arifin.

Leave A Reply

Your email address will not be published.