Kolaborasi Aksi Tanam Bibit Pohon Di Wilayah Hutan Wonokitri

Berita

 

PASURUAN, Harnasnews.com – Kolaborasi aksi tanam bibit pohon Perum Perhutani Regional Jawa Timur KRPH Penanjakan BKPH Tosari, bersama dengan komunitas ST3 Bolanger, KPSP setia kawan Nongkojajar, TNBTS Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, pada hari Minggu (16/01/2022).

Kegiatan penanaman Bibit Pohon tersebut di ikuti oleh kepala desa Wonokitri Ikhsan, Matri Perhutani Bibit Kardiono, kepala TNBTS Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Resort Penanjakan Susion, Ketua F3 Bolinger Gianto, Kordinator acara  Joko, Kordinator KPSP Setia Kawan Timbul, ketua lMDH Bromo Lestari Siliono, dan Sutikno beserta jajarannya.

Adapun jenis bibit pohon yang di tanam meliputi bibit pohon Cemara, ekaliptus, dan pohon bringin, dengan jumlah bibit yang di tanam 1000 pohon, yang akan di tanam di kawasan hutan Perhutani di petak 34c, yang mempunyai luas 93 hektar dalam katagori Hutan Lindung.

Joko selaku kordinator acara mengatakan, “tujuan dari penanaman ini, melihat dengan adanya curah hujan yang tinggi kita mengadakan penanaman untuk mencegah terjadinya bencana alam. Kalau kita ingin berdampingan dengan bumi, kita juga harus menjaga bumi biar bumi juga mau bersahabat dengan kita, dengan cara menanam pohon. Jika bukan kita siapa lagi, mari kita bersama-sama menjaga kelestarian hutan biar kita hidup sehat dan hutan juga sehat,” jelasnya.

Sementara kordinator dari KPSP Setia Kawan Nongkojajar Timbul menyampaikan, giatkan penanaman bibit pohon juga harus menjaga merawat tanaman yang sudah di tanam, karena menanam gampang tapi untuk merawat nya yang sulit.

“Mari kita jaga dan rawat tanaman yang sudah di tanam biar tetap hidup, saya bersama pihak perhutani khusus nya kepada lMDH untuk selalu memantau tanaman tersebut,” terang Timbul.

Sementara itu di temui di tempat terpisah mantri hutan RPH Penanjakan Bibit Kardiono menyampaikan, “terima kasih kepada semua yang sudah berpartisipasi dalam rangka menghijaukan hutan ini, serta sudah ikut berpartisipasi dalam rangka menjaga kelestarian hutan yang katagori hutan lindung,” pungkasnya.(Dre)

Leave A Reply

Your email address will not be published.