iklan

Koordinator TPDI Minta KPK Tidak Segan Jerat Azis Syamsuddin

JAKARTA, Harnasnews.com – Koordinator Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI) Petrus Selestinus  mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak segan dan ragu menjerat Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin jika ada indikasi keterlibatan dalam tindak pidana korupsi Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial.

Politisi partai Golkar itu harus dimintai pertanggung jawaban hukum kalau memang terindikasi kuat melanggar hukum. Jika sampai diloloskan begitu saja, maka akan terjadi preseden buruk pemberantasan korupsi yang terus digencarkan pemerintah dan dan masyarakat saat ini.

Petrus Selestinus menegaskan bahwa KPK harus transparan dan akuntabel dalam mengungkap bagaimana asal muasal, mata rantai Wali Kota Tanjungbalai, M Syahrial bisa bertemu dan memberikan uang kepada penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju.

“Mengapa harus bertemu di rumah dinas Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin. Bagaimana distribusi uang suap itu di KPK,” ujar Petrus Selestinus, Kamis (10/6/2021).

“Kasus suap Robin tidak boleh dipakai untuk menutup perkara pokok tindak pidana korupsi jual-beli jabatan yang disangkakan kepada M Syahrial,” katanya pula.

“Jika ada cukup bukti  KPK bisa menetapkannya (Azis Syamsuddin sebagai tersangka,” ujar pakar hukum pidana dari Universitas Trisakti, Abdul Fickar Hajar, menambahkan.

Dia berpandangan Wakil Ketua DPR RI Bidang Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Korpolkam) itu memiliki peran penting dalam kasus tindak pidana yang dilakukan eks penyidik KPK itu. “Tindak pidana yang dilakukan SRP (Stepanus Robin Pattuju) tidak terjadi tanpa peranannya,” ujar Fickar.

Azis Syamsuddin diduga turut berperan dalam pengurusan perkara Wali Kota Tanjungbalai tahun 2020-2021, M Syahrial. Azis disebut memfasilitasi pertemuan antara Syahrial dan Robin Pattuju agar kasus Syahrial di KPK tak dilanjutkan ke tahap penyidikan. (red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.