Koperasi Bappenas, Bukti PNS Sukses Berkoperasi

Begitu juga juga kantin dan usaha rental mobil, yang pasti sangat dibutuhkan. Namun, menjalankan semua unit usaha ini kuncinya adalah koperasi harus mampu memberikan layanan berkualitas dan mengikuti aturan.

Meski di lingkungan Bappenas, Pram menegaskan koperasi tidak mendapat keistimewaan untuk menjalankan usahanya. Koperasi harus benar-benar bersaing termasuk jika ingin ikut tender apapun di lingkungan Bappenas.

Usaha lain yang memberikan benefit besar bagi koperasi adalah unit usaha otonom penyelenggara tes potensi akademik (UUO-PT). Uni usaha ini mampu menghasilkan pendapatan hingga Rp 6 miliar.

Memang unit usaha koperasi ini cukup dikenal masyarakat, bahkan sudah melakukan kerja sama dengan ITB dan UGM dalam menyelenggarakan tes masuk pasca sarjana. Selain itu, UUO-PT juga menyelenggarakan tes promosi maupun rotasi, tes penerimaan pegawai baru di lingkungan pemerintahan, swasta dan BUMN.

Saat ini jumlah anggota Koperasi Pegawai Bappenas mencapai 871 orang, sekitar 70% dari seluruh pegawai Bappenas. Menjadi anggota koperasi cukup memberikan manfaat, namun anggota juga harus aktif melakukan pembelanjaan atau transaksi di koperasi akan mendapatkan poin. Selanjutnya poin kemudian diperhitungkan saat pembagian SHU. “Untuk tahun buku 2017, koperasi membagikan SHU hingga Rp 1,3 miliar,” kata Pram.

Pram mengakui, kesadaran anggota untuk berbelanja atau bertransaksi di koperasi cukup tinggi. Ini mendorong terjadinya pertumbuhan omzet koperasi.(Red/Dar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.