iklan iklan

Kopi Robusta Ugal-Ugalan

Ekonomi

Pagaralam ,Harnasnews.com  – Kamis  29 April 2021, sambil ngabu burit nunggu waktu buka puasa Ramadhan , berkeliling di kebun kopi, sambil awasi mungkin ada batang kopi yang roboh atau dahan nya yang patah dan juga memeriksa kemungkinan adanya hama yg ganggu pertumbuhan pohon kopi dan atau buah yang mulai menuah , insya Allah akhir Mei sudah bisa dipanen buah yang sudah merah matang.

Apalagi udara di Pagaralam cukup sejuk mengarah ke dingin, udara pegunungan, enak sekali kalo kerja di kebun,,, tidak terasa matahari sudah semakin mendekati ufuk barat, pertanda bahwa sebentar lagi waktu buka puasa akan tiba.

Petani kopi tahun ini alhamdulillah bisa senyum karena pohon kopi berbuah lebat, tidak banyak gangguan hama, beda demgan buah durian, duku, mangga yang sebagian besar gagal,Semoga saja harga kopi tahun ini bisa lebih baik dari harga tahun kemarin,ucap Susno.

Indonesia penghasil kopi cukup besar, kopi Indonesia baik robusta, arabika, leberia semua bagus , masing-masing punya keunggulan , tapi sayang Indonesia belum dapat menjadi negara sebagai penentu harga kopi dunia.

Perlu dipikirkan oleh pemerintah untuk menggalakkan Agro Industri yg berbahan baku Kopi, dan diupayakan agar petani tidak menjual biji kopi mentah tapi menjual dalam bentuk olahan yang dipacking dengan baik , misal ;
– kopi bubuk yg sudah dipacking berbagai ukuran,
– biji kopi yang sudah disangrai dengan berbagai klasifikasi dan dipacking yg bagus.

Saya yakin harga jual kopi olahan jauh lebih mahal dari biji kopi mentah belum diolah,Kalau harga jual bagus maka petani kopi pendapatan nya akan semakin meningkat, dan petani kopi akan semakin sejahtera,ujar Susno.

Bertani kopi cukup menjanjikan, apalagi dengan memanfaatkan tehnologi dan ilmu pertanian , maka pohon kopi akan berbuah lebat dan kopi bisa panen sampai umur puluhan tahun dengan cara sambung tunas dengan ujung tunas kopi unggul, buah akan lebat sekali.

Mari anak muda, generasi milenial turun ke dunia pertanian yang sangat menjanjikan, negeri kita negeri agraris yg sangat subur,tegas Susno Duadji.(Red/Man)

Leave A Reply

Your email address will not be published.