KPU RI kaget Ketua KPU Makassar Hambaliee Mundur

“Kami harap teman-teman KPUD menjaga kekompakan, karena sengketa Pilpres dan Pileg akan segera berakhir. Selanjutnya, akan ada penyelenggaraan Pilkada. Kita harap situasi ini bisa kondusif kembali,” paparnya berharap.

Komisioner KPU Makassar telah melaksanakan rapat pleno internal harian dengan sepakat memilih Andi Muhammad Yasir Arafat menggantikan Hambaliee sebagai Ketua KPU Makassar.

“Alasan pak Hambalie (mundur) menyerahkan murni karena penyegaran itu. Tidak ada masalah dirolling selama lima komisioner sepakat dan qorum,” kata Yasir saat konferensi pers terkait pembukaan masa pendaftaran badan adhoc PPK dan PPS di Kantor KPU Makassar.

Dirinya pun tidak menyangka dipilih menjadi Ketua KPU Makassar melalui rapat pleno internal dan saat itu proses pemilihan tidak melalui proses voting tapi kesepakatan musyawarah mufakat.

“Semua qorum memilih saya, dan tentu tidak bisa menolak, jadi kami tidak melalui proses voting,” kata Koordinator Divisi Keuangan, Umum dan Logistik KPU Makassar ini menegaskan, dilansir dari antara.

Sebelumnya, di masa jabatan Hambaliie memimpin KPU Makassar di Pemilu 2024 Pilpres dan Pileg sejumlah persoalan bermunculan, hingga terjadi kekacauan saat pendistribusian logistik Pemilu di hari pencoblosan 14 Februari 2024. Selain itu, permasalahan lainnya adalah dugaan kecurangan berdampak pada pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 10 TPS. (sls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.