iklan

Mapala Specta Donor Darah Bersama PMI Kabupaten Sukoharjo

Peserta donor darah , mahasiswa IAIN Surakarta yang tergantung dalam UKM SPECTA saat diambil darahnya di PMI Kabupaten Sukoharjo, Sabtu,20/03. Foto : yos

KABUPATEN SUKOHARJO, ( HARNASNEWS.COM) – UKM Mapala Specta IAIN Surakarta, melakukan kegiatan donor darah bersama PMI Kabupaten Sukoharjo. Kegiatan di laksanakan di PMI Kabupaten Sukoharjo, Sabtu, 20/03.

Untuk menjadi pendonor darah harus memenuhi beberapa syarat/prosedur. Hal tersebut disampaikan petugas PMI, Ifah.

“Prosedur bagi pendonor darah, pertama, calon pendonor harus melakukan registrasi dan mengisi kuesioner. Kedua, calon pendonor harus melakukan pengecekan berat badan, tekanan darah, dan kadar Hemoglobin.
Ketiga, apabila lolos dari pengecekan dan telah memenuhi kriteria maka pendonor diperbolehkan untuk melakukan prosesi donor darah.” Ujarnya

Salah satu peserta donor yang baru pertama kali mendonorkan darahnya, Tiana, mengaku agak takut. Karena belum pernah melakukan sebelumnya

” Awalnya saya takut tapi ketika diambil darah, ternyata biasa saja. Alhamdulilah bisa berbagi darah. Cuma setelah diambil darahnya kepala sedikit terasa pusing Dan perut saya terasa mual ” ungkapnya.

Ketua UKM specta, Bilal Syaifullah mengatakan. Dalam kegiatan donor darah itu terkumpul 12 kantong darah.

” Dari kegiatan donor darah itu terkumpul 12 kantong darah dengan rincian darah golongan O 6 kantong, AB 2 kantong, A 1 kantong dan B 3 kantong. Ada beberapa rekan yang tidak diterima karena tidak memenuhi persyaratan pendonor ” papar Bilal.

Kegiatan Donor darah ini dilakukan sebagai salah satu kegiatan UKM Specta selain di kegiatan – kegiatan alam yang selama ini lebih banyak di lakukan . (YOS)

Leave A Reply

Your email address will not be published.