Masjid At-Taubah Lapas Sumbawa Over Kapasitas

SUMBAWA,Harnasnews.com – Kondisi masjid At-Taubah Lapas Sumbawa Besar Kanwil Kemenkumham NTB saat ini sudah tak mampu lagi menampung seluruh warga binaan yang mengikuti kegiatan ibadah, sehingga memaksa sebagian warga binaan untuk menggelar sajadah pada area halaman masjid pada saat ibadah sholat berjamaah berlangsung.

Berangkat dari situasi tersebut Kalapas M. Fadli mengintruksikan agar dilakukan pengembangan ruang ibadah, agar para warga binaan dapat beribadah dengan nyaman serta menampung lebih banyak lagi jamaah.

Pengembangan dilakukan dengan membuka tembok penyekat sehingga memberi kesan lega dan luas, serta memindahkan tempat wudhu dan menyulapnya menjadi ruang ibadah. Area halaman masjid juga nantinya akan diperbaiki sehingga dapat digunakan oleh warga binaan untuk beribadah.

Fadli mengungkapkan bahwa pengembangan ruangan ibadah masjid ini senada dengan program yang selama ini dijalankan, yakni mewajibkan warga binaan melaksanakan ibadah sholat berjamaah di masjid, serta memfasilitasi sejumlah program pembinaan keagamaan lainnya. Peningkatan jumlah penghuni juga turut melandasi pengembangan ini.

“Masjid kita saat ini sudah tidak muat menampung warga binaan, saat ada kegiatan yang melibatkan semua warga binaan harus meluber sampai halaman masjid, jadi sudah mendesak untuk kita perluas.” ungkapnya

Kapasitas Masjid At-Taubah saat ini hanya mampu menampung sekitar 300 warga binaan, setelah perluasan rampung diharapkan dapat digunakan oleh 500 lebih warga binaan yang menghuni Lapas Sumbawa Besar saat ini.(Herman)

Leave A Reply

Your email address will not be published.