iklan

Menag Yaqut: Banyak Orang Terpapar Radikalisme Dari Media Sosial

JAKARTA, Harnasnews.com –  Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, banyak orang yang terpapar paham radikalisme melalui media sosial maupun situs daring. Seiring banyaknya informasi keagamaan yang ada di media sosial atau situs daring yang tidak tersaring.

“Saya dapat laporan dan bertemu bahkan dengan mantan napiter (narapidana terorisme), mereka (mengaku) menjadi radikal itu karena berinteraksi dengan orang yang sama-sama terpapar radikal melalui media sosial,” katanya dalam agenda temuan survei nasional suara anak muda tentang isu-isu sosial, politik,dan bangsa, Minggu (21/3).

Menurutnya, hal ini tidak terlepas dari kebiasaan masyarakat yang selalu berselancar di media sosial. Dia juga membeberkan pada survei Alvara terlihat bahwa anak muda menghabiskan sekitar 7 jam sehari untuk mengakses internet.

“Nah tentu ini berakibat bahwa perilaku mereka, di media sosial ini bagaimana informasi keagamaan tidak terfilter dengan baik,” bebernya, dilansir dari merdeka.

Kebijakan perlu diambil untuk meminimalisasi perilaku radikal dan intoleran.

“Kebijakan perilaku sudah seharusnya diarahkan transformasi digital, ini tidak ada pilihan lain, sebelumnya, kemenag lebih melakukan transformasi digital untuk syiar-syiar begini,” katanya.(qq)

Leave A Reply

Your email address will not be published.