Mendorong Gerakan Bersih Kali Ciliwung di Kota Depok

Saat ini, kondisi Taman Niratmaya terus mengalami perkembangan yang pesat. Selain murni dukungan warga dan sekitarnya juga telah mendapat apresiasi dan sambutan positif oleh pihak pengembang perumahan melalui dukungan approval pemanfaatan dan infrastruktur pagar pembatas untuk semakin memberikan keamanan karena berdekatan dengan Sungai Ciliwung juga semakin lebih mempercantik area Taman Niratmaya.

Sejalan dengan program nasional tersebut dan dalam rangka menyongsong Hari Lingkungan Hidup tepatnya pada 5 Juni 2018, maka melaksanakan Gerakan “Resik-Resik’’ (Bersih-Bersih) Bersama Tepi Kali Ciliwung tepatnya di Taman Niratmaya dan sekitar Blok N3 Perumahan Taman Anyelir 3 yang berlokasi di Gg Ceplik Desa Kebon Duren Kelurahan Kalimulya Kecamatan Cilodong, Kota Depok. “Gerakan Bersih-Bersih ini sebenarnya tidak hanya semata-mata kegiatan seremonial dalam rangka Hari Lingkungan Hidup, namun gerakan kesadaran masyarakat yang dibudayakan dan menjadi komitmen bersama untuk terus ditumbuhkembangkan oleh komunitas warga sejak awal menempati perumahan untuk dapat dilaksanakan minimal setiap bulan sekali dalam mewujudkan lingkungan bersih, nyaman, asri dan hijau tersebut”, tandas Catur.

Menurut Catur, ke depan kegiatan positif warga yang tumbuh secara bottom up dan merupakan tradisi baik ini terus bisa dilanjutkan generasi berikutnya sehingga berdampak pada kelestarian dan kenyamanan lingkungan tetap terjaga. Selain itu, kegiatan dan budaya ini menjadi role model bagi warga dan lingkungan perumahan sekitarnya ataupun di lingkungan lain untuk bisa menularkan virus positif yang ditularkan sehingga dapat dikembangkan serta diinternalisasikan oleh warga masing-masing perumahan.

“Salah satu yang terpenting dalam kegiatan Gerebek Ciliwung ini adalah partisipasi masyarakat setempat, karena partispasi warga setempat merupakan satu keniscayaan. Melalui kegiatan ini, nantinya diharapkan tidak hanya wilayah dan lingkungan yang sehat, tetapi juga peningkatan kualitas hidup masyarakat”, pungkas Catur.(Red/Ed)

Leave A Reply

Your email address will not be published.