Mendorong Gerakan Bersih Kali Ciliwung di Kota Depok

Depok,Harnasnews.Com  – Masyarakat Peduli dan Pecinta Lingkungan Kota Depok Catur Susanto mengungkapkan untuk menjaga dan melestarikan tepian Kali Ciliwung yang melintas wilayah Kota Depok, sudah banyak program yang dijalankan Pemkot Depok dan masyarakat sekitar.
“Telah diluncurkan delapan upaya pelestarian lingkungan, baik oleh pemerintah maupun masyarakat. Adapun program Top Down oleh Pemerintah, yaitu mencanangkan program berkelanjutan, mengeluarkan undang-undang lingkungan hidup, dan membentuk badan pengendalian lingkungan. Sedangkan program sinergi pemerintah dan masyarakat, yaitu menjalankan program penanaman seribu pohon, tidak membuang limbah ke sungai atau laut, mengurangi pencemaran udara, tidak melakukan perburuan liar dan perusakan alam, dan melakukan sosialisasi lingkungan hidup”, jelas Catur dalam rilisnya, kemarin.

Oleh karena itu, kata Catur, warga Blok N/RT 05 Perumahan Taman Anyelir 3 Grand Depok City saat ini telah, sedang dan akan terus menjadi komitmen dan wujud konsistensi terutama dalam mendukung program pemerintah maupun pemerintah daerah khususnya untuk mewujudkan kawasan lingkungan perumahan yang asri, nyaman dan hijau. “Blok N/RT 05 Perumahan Taman Anyelir 3 bertempat cukup strategis dengan lokasi yang beririsan dengan warga non perumahan mencoba terus berupaya membangun sinergi dan menggali serta mengoptimalkan kearifan lokal dalam mewujudkan ketertiban, kebersihan, dan keindahan (K3) secara swadaya, mandiri dan kebersamaan”, kata Catur.

Bagi Catur, kunci utama mewujudkan kondisi lingkungan tertib, bersih dan indah tersebut tidak hanya bersandar pada program yang berjalan searah (one way) dari pemerintah, namun demikian sebagai pondasi dasar dan utama adalah peran aktif, kesadaran dan partisipasi otonom dari, oleh dan untuk warga sendiri secara kreatif, inovatif dan dinamis.

“Dengan adanya Taman Niratmaya yang merupakan salah satu ruang terbuka hijau sebagai sarana untuk mengekspresikan aktivitas warga perumahan dan non perumahan yang didalamnya di desain berupa taman tanaman bunga dan kombinasi tanaman buah, arena bermain anak-anak, mini taman bacaan anak-anak dan gubuk informasi masyarakat merupakan sarana yang efektif dan efisien dalam rangka membangun kebersamaan dan harmonisasi masyarakat dengan Pemanfaatannya untuk kegiatan warga seperti: pertemuan (rembug) warga RT bulanan, ramah tamah dan silaturahim warga perumahan dan sekitarnya”, papar Catur.

Leave A Reply

Your email address will not be published.