Menkeu Kalim Penerimaan Negara 2018 Capai 100%,

Menteri Keuangan Sri Mulyani.

JAKARTA, Harnasnews.com – Meskipun bukan tahun yang mudah, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan rasa syukurnya bisa menutup tahun 2018 dengan capaian kinerja yang sangat membanggakan.

“Penerimaan Negara sebesar 100%, Belanja Negara mencapai 97% dan Defisit/Primary Balance di bawah 2 %, sejak tahun 2012,” kata Sri Mulyani pada acara video conference dengan seluruh unit vertikal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang tersebar di 34 provinsi, di Aula Mezanine, Kantor Pusat Kemenkeu, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Menkeu, penerimaan negara baik pajak, bea cukai, dan penerimaan negara bukan pajak tumbuh tinggi dan sehat. Belanja negara juga terealisasi dengan baik, di pusat maupun di daerah. Pembiayaan mengalami kontraksi dengan defisit APBN sebesar 1,72% dari PDB, jauh lebih rendah dari proyeksi UU APBN 2018 sebesar 2,19%. “Ini adalah angka defisit terkecil sejak 2012,” jelas Menkeu.

Keseimbangan primer, menurut Menkau, adalah sebesar Rp4,1 triliun, yang merupakan surplus keseimbangan primer sejak 2011.

Leave A Reply

Your email address will not be published.