Menko PMK Prihatin Banyak Ibu Hamil & Anak Jadi Korban Covid

JAKARTA, Harnasnews.com – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, mengatakan keprihatinannya atas banyaknya korban Covid-19 dari kalangan ibu hamil dan anak. Muhadjir mengimbau masyarakat untuk menjaga diri sendiri dan lingkungan dengan selalu terapkan protokol kesehatan.

“Saya terus terang akhir-akhir ini sangat prihatin karena banyak sekali korban Covid-19 baik dari korban sakit maupun meninggal, itu terjadi pada perempuan, khususnya ibu hamil dan anak,” ujar Muhadjir dalam sambutannya di Anugerah KPAI 2021 secara daring di Jakarta, Kamis (22/7).

Muhadjir mengimbau masyarakat untuk membangun sense of crisis terhadap pandemi Covid-19 sebagai ancaman nyata yang belum ditemukan penanganannya. Oleh karenanya, dia meminta masyarakat tidak lengah dan menyepelekan infeksi virus tersebut. Muhadjir mengakui, pada awalnya dia mengira Covid-19 akan memilih-milih sasarannya, dan itu tidak termasuk anak-anak dan ibu hamil.

Dia mengira anak-anak dapat memproduksi imunitas yang sempurna dan dapat melawan infeksi SARS-CoV-2. Begitu pula dengan ibu hamil yang dia yakini memproduksi imunitas untuk bayi yang ada di dalam rahimnya.

“Tetapi apa yang terjadi ibu hamil malah justru menjadi sasaran empuk dari Covid-19, anak-anak yang meninggal juga sudah cukup banyak, dan ibu hamil yang dalam keadaan positif Covid-19 akan melahirkan terpaksa dioperasi sesar,” kata Muhadjir, dikutip dari republika.

Leave A Reply

Your email address will not be published.