Mensos: PKH Penuhi Kebutuhan Dasar Dan Mendesak Rakyat

Dirjen mengatakan Rapat Koordinasi Nasional PKH 2018 menjadi momentum dalam rangka memastikan pelaksanaan PKH efektif mengurangi kemiskinan dan kesenjangan sosial, sehingga keadilan sosial untuk semua dapat diwujudkan.

Tujuan Rakornas PKH adalah mensosialisasikan kebijakan PKH tahun 2018 bagi seluruh pelaksana PKH dan stakeholders terkait, memperkuat koordinasi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam implementasi PKH, membangun komitmen dan dukungan bagi penyelenggaraan PKH khususnya Pemerintah Kabupaten/Kota PKH.

Sejumlah agenda penting dalam Rakornas PKH 2018 adalah Dialog Nasional tentang PKH dengan narasumber Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Bappenas, Menteri Keuangan, Menteri Kesehatan, Menteri Pendidikan, dan Menteri Sosial.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan empat nota kesepahaman antara Kementerian Sosial dengan para stakeholder PKH. Yakni antara Kementerian Sosial dengan Yayasan Bina Swadaya tentang Pemberdayaan Sosial KPM PKH, Kementerian Sosial dengan PT Kasandra Persona Prawacana Peningkatan Parenting Skill bagi KPM PKH Melalui SDM Pelaksana PKH, Kementerian Sosial dengan Usaha Kecil Menengah Industri Kecil Menengah (UKM IKM) Nusantara tentang Pemberdayaan Sosial KPM PKH, serta nota kesepahaman dengan Yayasan Dharma Gantari tentang Sosialisasi PKH.

Disela-sela Rakornas PKH, Menos menobatkan 3 perempuan sebagai Duta PKH. Mereka adalah Cici Gunarsih, Kasandra Putranto, Dikna Faradiba Maharani. Penobatan ditandai dengan penyerahan sertifikat dan penyematan selendang Duta PKH kepada ketiganya.

Cici Gunarsih adalah anak dari KPM PKH tahun 2018 yang memiliki berbagai prestasi dalam bidang kesenian. Ia merupakan Duta Liga Gangdut Indosiar dari Provinsi Sulaweai Barat tahun 2018. Kini ia berprifesi sebagai penyanyi dan menjalani kuliah semester 2.

Kasandra Putranto adalah ibu 3 anak yang merupakan wanita karier yang berprofesi sebagai Psikolog Klinis dan Forensik. Lulusan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini juga piawai menyanyi.

Dikna Faradiba Maharani adalah Top 5 Miss Tourism International 2016/2017 di Kuala Lumpur yang saat ini menjabat sebagai President Miss Grand Indonesia.

“Sebagai Duta PKH mereka melakukan sosialisasi dan advokasi PKH, memberi motivasi dan meningkatkan kompetensi KPM PKH, mempromosikan produk hasil usaha KPM PKH, dan mendorong partisipasi masyarakat dan kepedulian untuk meningkatkan kesejahteraan sosial,” terang Dirjen.

Kegiatan ini diikuti para Bupati dan Wali Kota, Kepala Dinas Sosial Provinsi, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, Eselon I dan II Kementerian Sosial, Eselon I dan II Kementerian / Lembaga terkait, HIMBARA, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Dewan Nasional Keuangan Inklusif. Mitra Kerja internasional yakni Bank Dunia, GIZ, DFAT, Save the children, UNICEF, WFP, ADB. Mitra Kerja Nasional yakni UMKM Nasional, Bina Swadaya Masyarakat, Kasandra Association, Yayasan Grand Putri Indonesia, dan Duta PKH.(Red/Dar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.