Nasdem dan PKS Berpotensi Geser PDIP di DPRD Sumbawa

Oleh : Hermansyah Idris

Partai Nasional Demokrat (NasDem) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berpotensi bakal menggeser PDI Perjuangan di DPRD Sumbawa pada pemilihan legislatif 2024.

Hal tersebut dapat terlihat dari masing-masing caleg yang dipasang oleh partai di setiap Daerah Pemilihan (Dapil) di Kabupaten Sumbawa.

Partai Besutan Surya Paloh yakni Partai Nasdem berpotensi mendapatkan dua kursi yakni di Dapil II,III dan IV. Dari lima dapil di Kabupaten Sumbawa.

Sementara PKS diprediksi hanya merebut dua kursi di Dapil V Kabupaten Sumbawa. Jika ini terjadi maka PKS akan berpotensi menggeser posisi Partai Besutan Megawati Soekarnoputri yakni PDI Perjuangan di DPRD Sumbawa.

Didapil V Sumbawa tersebut PDI. Perjuangan selalu dua periode memperoleh suara terbanyak. Dan mencetak dua kursi di dapil tersebut. Di dapil tersebut, selain PDI Perjungan partai Golkar juga pernah mengantarkan dua kader terbaiknya terpilih menjadi anggota DPRD kabupaten.

Sedangkan Partai NasDem yang pernah mengantarkan dua kadernya ke DPRD Sumbawa yakni di Dapil II Kabupaten Sumbawa yakni Zulkarnain dan Edy Syarifuddin.

Jika kita melihat dari caleg yang dipasang Partai NasDem dari lima dapil di Kabupaten Sumbawa semuanya memiliki peluang bagus untuk terpilih menjadi anggota DPRD kabupaten Sumbawa.

Untuk diketahui saat ini ada 45 anggota DPRD Sumbawa, dari 45 anggota tersebut mereka paling banyak yakni dari PDI Perjuangan dengan 6 orang wakil, kemudian disusul Gerindra 5 orang wakil, Partai Demokrat lima orang wakil dan PKS 4 orang wakil.

Meski demikian, tentang Partai manakah yang akan menang di Kabupaten Sumbawa keputusannya akan kita lihat hasilnya pada hari Rabu 14 Februari tahun 2024 mendatang.

Kendati demikian, perolehan kursi di DPRD Sumbawa itu tentunya dikembalikan kepada rakyat Kabupaten Sumbawa, sebagai pemilik hak suara.

Penulis: Kontributor Harnasnews Sumbawa

Leave A Reply

Your email address will not be published.