Pakai Alat Tradisional, Masyarakat Gotong Royong Singkirkan Timbunan Longsor

Nasional

Purwakarta,Harnasnews.com – Masyarakat Desa Sukasari Purwakarta Jabar perlu di contoh pasalnya Meskipun dengan alat seadanya tradisional hanya memakai cangkul Pasca longsor di Desa Kertamanah-Ciririp, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Camat Sukasari, dibantu, Kapolsek Sukasari, anggota Denharahlat, Staf Kecamatan, Aparatur Desa, serta warga masyarakat berinisiatif untuk bergotong royong membersihkan puing, tanah dan lumpur akibat tanah longsor, yang menutupi jalan lingkar barat penghubung 3 Desa, yakni Desa Ciririp,Sukasari dan Parungbanteng,

“Alhamdulillah berkat kekompakan dan kerjasama tim untuk sementara sekarang jalur sudah bisa dilalui. Pengendara harus tetap waspada dan hati-hati. Jalanan masih licin, terlebih longsor susulan masih berpotensi terjadi,” ujar Camat Sukasari Muhammad Kosim di lokasi kejadian, Senin (15/2)

Meskipun jalan tembus Sukasari ini sudah normal bisa di lalui ke daraaan masyarakat di himbau agar berhati hati dan tetap waspada terlebih lagi curah hujan di bulan Pebruari ini masih tinggi.

“Warga masyarakat sukasari agar tetap waspada dengan kondisi cuaca yang cukup esktrim kali ini. Dimana curah hujan yang cukup tinggi serta angin kencang. Apalagi kontur tanah kecamatan sukasari relatif berbukit serta tebing yang cukup curam serta tanah yang labil, sangat riskan untuk terjadinya tanah longsor, pohon tumbang dan pergerakan tanah.
Oleh karena itu, masyarakat agar selalu waspada apabila terjadi bencana di lingkungan masing-masing dan segera melaporkan kepada aparatur pemerintahan terdekat.”pungkas Camat di sela sela gotong royong.

Beruntung dalam kejadian longsor jalan Sukasari Purwakarta ini tidak menimbulkan korban jiwa.(fuljo)

Leave A Reply

Your email address will not be published.