Panen Raya Jagung SAE Ai Maja Sukses Digelar, Kakanwil : “Wujudkan SDM Unggul Bidang Pertanian

Nasional

SUMBAWA,Harnasnews.com – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sumbawa Besar (Senin, 05/04) sukses menggelar panen raya jagung pada Klaster Pertanian Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) Ai Maja, yang merupakan kerjasama Program Ketahanan Pangan Nasional antara Kementerian Hukum dan HAM RI dengan Kementerian Pertanian RI.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Wilayah bersama jajaran Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil Kemenkumham NTB, Kepala Satuan Kerja Pemasyarakatan dan Imigrasi se-NTB, Bupati terpilih Kabupaten Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Peternakan dan Anggota Komisi II DPRD Sumbawa serta Dharma Wanita Persatuan Pengayoman.

Kalapas Sumbawa Besar, M. Fadli dalam laporannya menjelaskan dari total 24 Hektar lahan yang dimiliki Lapas, 17 Hektar diantaranya ditanami jagung jenis Hibrida Bisi-18 dengan memberdayakan 25 orang warga binaan yang di Asimilasikan untuk mengikuti program pembinaan kemandirian bidang pertanian. Hal senada juga disampaikan Kepala Kantor Wilayah, Haris Sukamto dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan pertanian ini selain mendukung program ketahanan pangan, juga merupakan bentuk pembinaan kemandirian bagi warga binaan sebagai bekal keterampilan saat kembali ke masyarakat.

Haris juga berharap sinergitas yang terjalin dengan semua pihak melalui program ini dapat mewujudkan SDM yang unggul dalam bidang pertanian

“Kami juga berterima kasih kepada pemerintah daerah dan stakeholder yang terlibat karena telah bersama-sama memperhatikan warga binaan kami.” Jelasnya

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa, Ir. Sirajuddin mengungkapkan bahwa sektor pertanian di Kabupaten Sumbawa merupakan penyumbang tertinggi pertumbuhan ekonomi di masa pandemi ini. Namun, demikian pihaknya masih akan memastikan apakah hal tersebut dirasakan secara merata oleh para petani.

“Harapan kami para petani menerima harga yang sesuai.” Ujarnya.

Tambahnya, Dengan suksesnya pertanian jagung di SAE Ai Maja ini lanjutnya, pihaknya akan dengan senang hati untuk turut serta menyukseskan program ini di tahun berikutnya,”imbuhnya. (Hermansyah/tim)

Leave A Reply

Your email address will not be published.