Pantau Arus Mudik di Kota Bekasi, Kapolda Metro: Kepadatan Mungkin Akan Terjadi di Atas Pukul 9 Malam

KOTA BEKASI, Harnasnews.com – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto bersama jajaran dan didampingi Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Dani Hamdani meninjau langsung arus mudik lebaran 2023 di Pospam Ketupat Jaya, Simpang Susun Cikunir, Kota Bekasi pada Rabu (19/04/23).

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto menjelaskan bahwa Ditlantas Polda Metro Jaya bekerjasama dengan Korlantas Mabes Polri akan bersinergi untuk mengantisipasi kepadatan arus mudik dengan Contra Flow jika kepadatan mulai terjadi.

“Ketika antrian mengekor sampai kilometer Jakarta dengan gerakan yang sangat lambat, Korlantas akan membuat terobosan dengan ada Contra Flow. Dalam beberapa beberapa jam ke depan, Contra Flow akan meredakan arus kembali ditutup lagi,” ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto kepada awak media.

Karyoto kembali menambahkan bahwa Ditlantas Polda Metro Jaya dan Korlantas Mabes Polri akan terus melakukan monitoring pergerakan arus lalulintas khususnya di jalan tol baik ke arah barat maupun ke arah timur.

“Ke arah barat sangat lancar, ke arah timur sekarang pun masih lancar, dimungkinkan nanti akan padat lagi sekitar diatas pukul 21.00 wib ke atas, nah ini yang kita lihat sementara arus yang kita pantau di jalan tol,” imbuhnya.

Kapolda juga memantau pergerakan pada pemudik yang melintasi Kota Bekasi, terutama yang menggunakan sepeda motor. Ia memantau bahwa intensitas pengendara roda dua pada fix sesions mencapai 9.000 sepeda motor yang melintasi Kota Bekasi.

“Namun Alhamdulillah mereka lancar pantauan dari ditlantas sampai saat ini belum ada kecelakaan yang dilaporkan terhadap pengendara roda dua,” katanya.

“Kalau roda empat tadi jam 04:00 tadi di jalan tol MBZ ada laka beruntun 4 kendaraan dan Alhamdulillah tidak ada korban jiwa semuanya masih bersifat korban materil,” ungkap Kapolda menambahkan.

Namun, Kapolda Metro Jaya juga mengungkapkan rasa khawatirnya dengan para pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua.

“Karena roda dua ini kan badan langsung berhadapan dengan angin, terus kemudian kalau dia membawa beban di belakang berlebihan tentu akan mengganggu konsentrasi,” Tukasnya.

Ia menghimbau kepada para calon pemudik untuk berfikir kembali mudik menggunakan sepeda motor. Ia lebih menganjurkan para pemudik untuk naik moda transportasi umum seperti kereta api yang saat ini tiketnya masih terbilang cukup tersedia.

“Dan sebenarnya pantauan kami juga tiket kereta api tadi masih banyak, masih ada 1 juta yang tersisa. Jadi dimungkinkan orang yang mau mudik malam ini atau besok masih bisa membeli tiket kereta api. Ini dari pantauan PT KAI yang ada di Jakarta,” pungkasnya. (Mam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.