iklan

Pemerintah Kabupaten Taget Tingkatkan Serapan Gabah Petani

BEKASI, Harnasnews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menyepakati target serapan gabah petani dengan Perum Bulog dan PT Pertani. Kesepakatan ini bertujuan untuk menyejahterakan petani.

Kepala Bidang Tanaman Pangan pada Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Eem Embang Lesmanasari mengatakan, kesepakatan tersebut dimulai di tahun ini. Diharapkan kesepakatan ini juga bisa meningkatkan kualitas padi.

“Targetnya kita sekitar 2.310 ton. Saat ini Bekasi sudah menjual sebanyak 1.200 ton kepada Bulog. Harapannya dapat meningkatkan kualitas padi dan menyejahterakan petani di Bekasi,” katanya.

Sekretaris Dinas Pertanian Bekasi, Nayu Kulsum menambahkan, rapat yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian ini bertujuan untuk meningkatkan serapan gabah petani di Bekasi.

“Kegiatan dari pusat ini terkait dengan serapan gabah. Karena harga panen kemarin kita anjlok dikarenakan bencana banjir. Rapat ini diharapkan bisa menjembatani, solusinya seperti apa,” katanya.

Nayu mengatakan, hasil panen kali ini serapan padi di Kabupaten Bekasi di bawah Harga Pokok Penjualan (HPP).

“HPP itu sekitar Rp4.200 per kilogram. Sedangkan di kita harga terendahnya sekitar Rp3.500 per kilogram,” ucapnya.

Kesepakatan ini terjalin setelah Dinas Pertanian Bekasi mengikuti rapat koordinasi dengan Kementerian Pertanian, Bulog, PT Pertani dan Bank BNI di Aula Gedung BPBD Kabupaten Bekasi, Selasa (6/4/2021) kemarin.

Rapat tersebut juga diisi dengan kegiatan diskusi bersama Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dari berbagai kecamatan dan perwakilan pengusaha padi di Kabupaten Bekasi. (Sygy)

Leave A Reply

Your email address will not be published.