Pengamat Militer Ini Pertanyakan Kebijakan Menhan Beri Pangkat Letkol pada Deddy Corbuzier

“Saya dulu punya kakek merupakan pengusaha atau kontraktor besar di jamannya tahun 60-70an yakni PT USBA (Usaha Bersama) yang membangun pangkalan militer Angkatan Laut di seluruh wilayah Indonesia, Ia dapat gelar tituler letnan kolonel karena jasa jasanya, peninggalan PT USBA pun masih berdiri sampai sekarang dimarkas besar AL yang disurabaya dan di Jakarta,” kata pengusaha yang juga aktif di organisasi kepemudaan ini.

Untuk itu, pihaknya berharap kedepannya TNI harus selektif dalam memberikan pangkat tituler kepada warga sipil untuk kepentingan bangsa, tidak boleh memberikan pangkat militer untuk tujuan politik.

Sebelumnya, Prabowo pernah menjadikan Deddy Corbuzier sebagai duta Komponen Cadangan (Komcad) TNI.Deddy Corbuzier mengumumkan langsung penetapan dia sebagai duta Komcad TNI, melalui akun Instagramnya, @mastercorbuzier.

Dilihat dari unggahannya, pada Rabu, 12 Oktober 2021, Deddy mengunggah foto saat berhadapan dengan Prabowo. Prabowo mengenakan baju cokelat, sementara Deddy mengenakan pakaian loreng. Mereka berdua berpose hormat.

Deddy hanya menuliskan simbol ‘love’ dan kata ‘ID’ pada caption foto itu. Unggahan Deddy ini mendapatkan banyak komentar dari netizen.

Seperti diketahui, Komponen Cadangan adalah program sukarela atau tidak wajib yang diamanatkan oleh UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara (PSDN). Mobilisasi Komponen Cadangan hanya bisa dilakukan oleh Presiden atas persetujuan DPR RI dan di bawah kendali Panglima TNI.

Komcad angkatan pertama resmi ditetapkan dalam sebuah upacara yang digelar di Pusdiklatpassus, Bandung, Jawa Barat, Kamis (7/10). Penetapan Komcad angkatan pertama dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kala itu, Prabowo turut mendampingi Jokowi. Keduanya terlihat mesra dalam acara penetapan Komcad tersebut. Jokowi dan Prabowo menaiki jip terbuka yang sama saat memeriksa pasukan Komcad TNI. (Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.