Pengamat Nilai Polisi RW Bisa Cegah Polarisasi Jelang Pemilu 2024

“Harusnya menjadi pembelajaran agar tidak terulang lagi,” ujarnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal. Pol. Listyo Sigit Prabowo dalam rapat kerja bersama Komisi III DPR RI di Senayan, Jakarta, Rabu (12/4), memberikan arahan terkait program Polisi RW.

Jenderal bintang empat itu mengatakan Polri tengah mengembangkan Polisi RW di seluruh wilayah Indonesia, sebagai langkah untuk merealisasikan program satu desa satu Bhabinkamtibmas.

“Guna memenuhi jumlah Bhabimkatibmas kami mencoba kembangkan Polisi RW yang saat ini telah dilaksanakan di Polda Metro Jaya,” Sigit.

Mantan Kabareskrim Polri itu menerangkan, dalam program Polisi RW, nantinya akan ditempatkan personil kepolisian dari berbagai fungsi kepolisian di setiap RW berdasarkan alamat tempat tinggal masing-masing personel Polri.

Penempatan personel Polri tersebut, untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban di Masyarakat.

“Kami harapkan melalui kehadiran Polisi RW mampu meningkatkan interaksi polisi dengan masyarakat untuk memecahkan masalah bersama di lingkungan RW,” ujarnya, dikutip dari antara.

Orang nomor satu di kepolisian itu menambahkan, untuk memastikan kegiatan Polisi RW berjalan optimal di masyarakat, maka seluruh kegiatannya dilaporkan melalui aplikasi Ada Polisi. Sehingga dapat menjadi bahan analisa Kasatker maupun Kasatwil.

Selain, program Polisi RW ke depannya akan kembangkan di seluruh wilayah Indonesia sehingga diharapkan mampu mencakup kebutuhan Bhabinkamtibmas setiap kelurahan atau desa.

“Sehingga peran dan fungsi Bhabinkamtibmas bisa terbantu oleh program Polisi RW,” kata Sigit. (qq)

Leave A Reply

Your email address will not be published.