Perhutani Diminta Pertimbangkan Penebangan Pohon di Hutan Burno

Lumajang , Harnasnews.com – Pegiat Lingkungan Kabupaten Lumajang Arsad Subekti, mengingatkan, agar Perhutani mempertimbangkan Penebangan Pohon di Hutan Burno, karena bisa membahayakan keselamatan masyarakat sekitar.

Menurutnya, seharusnya dalam proses penebangan itu Perhutani mempertimbangkan aspek kelayakan dan kepentingan secara umum. Karena tempat itu lebih dekat dengan pemukiman masyarakat dan itu membahayakan lingkungan yang ada disekitarnya akibat dari penebangan pohon secara besar-besaran tersebut.

“Jangan asal karena sudah sesuai prosedur, seharusnya perhutani sebelum melakukan penebangan itu memilih tempat yang lebih aman yang lebih sesuai untuk kepentingan masyarakat. Kalau di bawah banyak pemukiman masyarakat sementara tanaman itu yang berada di atasnya yang dibutuhkan sebagai penyangga agar tidak terjadi longsor lalu itu dipotong dihabiskan, saya kok curiga, jangan-jangan ada indikasi tujuan terselubung dibalik penebangan itu,” tegas Arsad Pada harnasnews.com Senin (9/11/2020) pagi.

Lebih lanjut Arsad, mengungkapkan, Kalau hutannya digunduli sementara dibawahnya banyak pemukiman warga, kemungkinan terburuknya dampaknya akan terjadi longsor ketika musim hujan, apalagi ini sudah memasuki musim hujan Seharusnya perhutani juga mempertimbangkan
dampak-dampak itu.

“Sekali lagi, jangan hanya asal ngomong itu sudah prosedural. Terus kemudian akan ditanami kembali. Untuk menanam pohon itu membutukan waktu yang sangat lama. Sedangkan kepentingan masyarakat tidak bisa ditunda karena hari ini sudah ada disitu, kalau nanti setelah ditebang itu terjadi hujan besar lalu kemudian hutan penyangganya tidak ada apakah ini tidak akan membahayakan masyarakat yang ada disekitarnya,” ungkapnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.