Perjalanan Panjang Vaksin Merah Putih,Unair Optimis Vaksin Digunakan Akhir Tahun

Nasional

Surabaya,Harnasnews.com – Rektor Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Mohammad Nasih optimistis vaksin Covid-19 Merah Putih yang dikembangkan Unair siap digunakan pada tahun depan. Saat ini proses pembuatan vaksin sudah masuk tahap praklinis.

“Perihal kapan waktu vaksin bisa digunakan, diprediksi sekitar 10 hingga 11 bulan lagi. Mengingat tahap praklinis bukanlah tahap yang sederhana dan sebentar,” katanya, Senin (19/4/2021).

Panjangnya proses pembuatan vaksin tersebut, kata Nasih, agar efektivitas vaksin bisa benar-benar maksimal.
“Dari semua proses ini, yang terpenting Unair tidak akan terlalu jauh ikut dalam proses produksi masalnya. Posisi Unair berada dalam proses penyiapan dan semua dilakukan dengan benar dan mendapatkan rekomendasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM),” ujarnya.

Koordinator Produk Riset Covid-19 Ni Nyoman Tri Puspaningsih mengatakan perjalanan riset vaksin Merah Putih Unair merupakan perjalanan panjang dengan tim besar.
Perjalanan panjang dimulai dari pengumpulan kandidat vaksin yang setidaknya ada delapan platform. Sampai akhirnya mengambil tiga platform yakni classical dan next generation.

Leave A Reply

Your email address will not be published.