Perkuat Pembangunan di Desa, DPMD Tulungagung adakan Bimtek Siskeudes

TULUNGAGUNG,Harnasnews.com – Kemajuan teknologi memudahkan pekerjaan bagi yang mau memanfaatkannya, teknologi juga bisa digunakan untuk mewujudkan pemerintahan yang baik (good government). Mewujudkan pemerintahan yang cepat dan transparan dalam menyajikan informasi publik merupakan bagian dari suksesnya pembangunan.

Seperti yang telah dilakukan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tulungagung, mengadakan bimtek aplikasi sistem keuangan desa versi 2.0, di Hotel Narita Rabu-Kamis (23-24/1).

Wahyu Yuniarko (Panitia Bimtek) dalam sambutannya mengatakan “Tujuan kegiatan bimbingan teknis ini adalah meningkatkan kapasitas manajemen dan sumber daya manusia dalam pengelolaan sistem keuangan desa di Kabupaten Tulungagung, melalui transformasi pengetahuan (transfer of knowledge) dan meningkatkan kemandirian, transparansi dan akuntabilitas.”

Bimtek ini dihadiri oleh 275 peserta dari seluruh desa yang ada di Tulungagung dan perwakilan operator kecamatan. Dengan pertimbangan efektifitas kosentrasi peserta dalam menerima materi, bimtek dibagi menjadi dua angkatan dengan hari yang berbeda.

“peserta terbagi menjadi dua angkatan, angkatan pertama jumlah peserta 135 orang, dan angkatan kedua jumlah peserta 140 orang.” kata wahyu.

Narasumber bimtek siskeudes ini dari BPKP perwakilan Provinsi Jawa Timur, materi yang disampaikan dalam bimtek meliputi : Kebijakan dan Perkembangan SISKEUDES di Kabupaten Tulungagung, Entry Point APBDesa 2019 dari Aplikasi SISKEUDES Versi 2.0, dan Penatausahaan dan Pembukuan APBDesa dari Aplikasi SISKEUDES Versi 2.0

Di akhir sambutannya wahyu berharap kegiatan ini mampu memberikan pemahaman baru kepada peserta tentang pengelolaan keuangan yang menggunakan alat bantu aplikasi sistem keuangan desa secara online, sehingga capaian APBDesa setiap Desa akan dapat dipantau secara realtime. 

Acara Bimtek ini di buka langsung oleh Plt. Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Bhirowo, MM.(Landri/Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.