Pesona Lebin 1 “Pariri Ade Kaseang Sangkium Ade Katantang”

SUMBAWA, Harnasnews – Lestarikan budaya lokal peninggalan nenek moyang, Desa Lebin, Kecamatan Ropang, Kabupaten Sumbawa, menggelar kegiatan budaya dengan mengangkat Tema Pesona Desa Lebin I “Pariri Ade Kaseang, Sengkium Ade Katantang” Mewujudkan Desa Lebin yang Maju, Kreatif dan Inovatif Melalui Wisata serta Kearifan Lokal, Sabtu (30/07/2022).

Kepala Desa Lebin, Sulaiman, S.Pd,. pada kesempatan tersebut menjelaskan tujuan dari diadakannya Pesona Desa Lebin I ini adalah untuk mengangkat kembali budaya kearifan lokal milik Desa Lebin agar tidak punah.

“Kami ingin mengangkat kembali, budaya yang dahulu pernah dilakukan oleh Neneng moyang terdahulu Desa Lebin seperti Kostum masyarakat Desa Lebin, ada sapu, Kopiah, Kain, Ratib Rabana Ode, Basakeco, serunai dan lainnya. Semua hal tersebut merupakan wajud budaya yang ingin kita lestarikan,” ujar Sulaiman, Kepala Desa yang masih bujangan ini.

Pesona Desa Lebih I ini lanjut Sulaiman, merupakan langkah awal dalam memperkenalkan budaya yang dahulu pernah ada di Desa Lebin namun sudah hampir punah karena terlupakan oleh kesibukan masyarakat.

“Ini adalah tahap awal kita, sehingga akan ada Pesona Lebin II, III, IV dan seterusnya. Semua budaya nenek moyang yang masih tercecer akan kita kumpulkan untuk dimunculkan kembali. Mana Budaya asli milik Lebin akan kita tampilkan di tahap selanjutnya, yang terpenting kita telah memulai untuk saat ini,” jelas Kades.

Sementara itu, Camat Ropang, Sirajuddin, SH,. mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Kepala Desa Lebin dalam menghidupkan kembali budaya asli milik desa atau budaya yang dahulu pernah dilakukan oleh nenek moyang Lebin.

Menurut Sirajuddin, kegiatan ini merupakan amanat yang tersirat dalam APBD melalui alokasi Dana Desa yang sudah diberikan secara langsung oleh pemerintah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.