Petani Menemukan Penanggulangan Hama & Penyakit Di Program BPRL Tema 7 dan 8

BERITA

Terlihat para petani sangat antusias dalam mengikuti acara Sekolah Lapang (SL) dari program Budidaya Padi Ramah Lingkungan (BPRL) dari DANONE-AQUA bermitra dengan Yayasan Sekola Konang Indonesia (YSKI).

“Tanda dan gejala menjadi patokan supaya petani bisa memastikan keadaan sawah agar petani bisa mengetahui panen yang akan dialami para petani. Perlu diketahui bahwa pada umumnya Hama berpindah mengikuti cahaya dan arah angin,” tutur Arip.

Nara Sumber juga memberikan spesifikasi dan klasifikasi hama serta penyakit yang sering menyerang sawah dan dalam melakukan penanggulangan. Dalam forum sendiri, nara sumber memberikan materi dan para petani yang menjawab sesuai pengalaman yang pernah di alami. Sehingga SL dipenuhi interaktif antara nara sumber dan petani.

Salah seorang petani asal Desa Gading, Yatim (46) sangat antusias mendengarkan dan berinteraksi dengan nara sumber yang memberi keterangan, dan dirinya membeberkan apa yang pernah di alami saat bertani di sawah.

“Edukasi yang diberikan hari ini sangatlah berguna bagi saya dan pada petani umumnya, karena apa yang pernah dialami terkait hama dan penyakit dalam proses menanam padi di sawah. Dengan edukasi ini, saya optimis bisa memanen padi yang lebih baik lagi kedepannya,” urai Yatim.

Kegiatan sendiri, di ikuti beberapa petani yang berasal di wilayah Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, diantaranya dari Desa Tenggilis, Desa Gading, Desa Mendalan, dan Desa Penataan.(Hid)

Leave A Reply

Your email address will not be published.