Pj Gubernur Jatim Pastikan Stok BBM dan Elpiji Cukup Hingga Lebaran

SURABAYA, Harnasnews – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur (Jatim) Adhy Karyono memastikan stok bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji dalam kondisi aman dan mencukupi selama Ramadhan hingga Lebaran 2024.

“Akan ada kenaikan konsumsi dan penjualan BBM dan elpiji selama Ramadhan hingga Lebaran 2024. Misalnya untuk gasoline, yaitu Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo dan Pertamax Green diperkirakan meningkat 16 persen dari penjualan normal,” katanya usai memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan BBM dan Elpiji Menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 2024 bersama instansi terkait di Surabaya, Jatim, Selasa.

Sedangkan, untuk jenis gasoil, yaitu Biosolar, Dexlite, dan Pertamina Dex diprediksi akan turun sebesar 11 persen terhadap penjualan, mengingat adanya pembatasan aturan perjalanan sektor logistik dan aktivitas industri libur saat Lebaran.

Sementara, data stok per 5 Maret 2024, untuk elpiji tercatat 53.507 metrik ton atau 13 kali lipat konsumsi normal harian, BBM gasoline (bensin) 151.238 kiloliter (kl) atau 6,5 lipat, BBM gasoil (diesel) 148.029 kl atau 12 kali lipat, dan avtur tercatat 9.946 kl atau 13 kali lipat konsumsi normal harian.

Pj Gubernur juga berpesan TNI-Polri melakukan pemantauan dan pengawasan agar tidak ada gangguan distribusi maupun penimbunan BBM dan elpiji.

“Jangan sampai ada pihak-pihak yang mengambil keuntungan dengan melakukan penimbunan, sehingga mengganggu stabilitas ketersediaan pasokan BBM maupun elpiji,” ujarnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.