Resmikan Gedung Workshop Digital Creative, Ini Pesan Menaker Kepada BBPVP Bandung

BANDUNG, Harnasnews.com – Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah meresmikan Gedung LSP P2 Workshop Digital Creative Dan Sosial Living Balai Besar Pelatihan Vokasi Dan Produktivitas (BBPVP) Jl.Gatot Subroto No.170, Bandung, Selasa (05/03/24).

Menurut Menaker, Indonesia saat ini menuju teknologi 4.0, dan pada saat ini pula penduduk Indonesia sampai dengan tahun 2035 penduduk Indonesia produktif hampir 70 persen.

“Dengan jumlah penduduk besar itu, maka yang harus dilakukan oleh Pemerintah adalah tersedia lapangan pekerjaan, baik didalam negeri maupun di Luar negeri,”ujar Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah kepada awak media.

Lebih lanjut kata Menaker Ida Fauziyah, dengan kemajuan teknologi informasi yang sudah transformasi digital memasuki industry 4.0, banyak sekali jenis pekerjaan yang akan muncul dan pekerjaan yang hilang.

“Dalam menghadapi jenis pekerjaan yang muncul, maka BBPVP Bandung harus mampu menjawabnya, kebutuhan Skill dan Kompetensinya yang menyesuaikan revolusi Industri 4.0 ,” imbuhnya.

“Hari ini saya datang ke BBPVP Bandung untuk meresmikan Work Shop Digital Kreatif, tentu saja ini menjawab kebutuhan anak – anak muda di Kota Bandung dan sekitarnya. Mereka anak muda saat ini sudah tau dan sudah melek digital harus disiapkan Skill dan Kompetensinya,” kata Menteri Ida menambahkan.

Dari data Kemenaker, Bandung terkenal dengan Industri ekonomi kreatifnya. Maka, BBPVP Bandung ini harus bisa menjawab kebutuhan tersebut.

Sebelum peresmian, Menaker Ida Fauziyah langsung melihat beberapa Pelatihan kejuruan Photografi, desain grafis, dan Konten kreatif, dan sekaligus mewawancarai para peserta PBK, dan itu salah satu jenis pekerjaan yang banyak diminati anak-anak muda saat ini,

“Maka dari itu, saya sangat berterima kasih kepada BBPVP Bandung Bapak Sholahudin yang sudah membuka kesempatan untuk talenta-talenta anak muda di Bandung dan sekitarnya,” tuturnya.

Sementara itu, di tempat yang sama, Kepala Balai BBPVP Bandung Sholahudin turut apresiasi dan mengucapkan terima kasih atas dukungan Menaker Ibu Ida Fauziyah telah terlaksananya peresmian Gedung Work Shop Digital Kreatif tersebut.

“Intinya kehadiran Gedung Workshop Digital Kreatif ini, kami ingin mewadahi pangsa lokal, seperti diketahui, di Kota Bandung ini orang-orangnya sangat kreatif yang memilliki jiwa seni tinggi. Menurut saya, dengan adanya jiwa seni yang tinggi ini dapat memperkaya konten-konten yang kekinian untuk kepentingan Branding di media sosial platfrom digital. makanya kita bentuklah untuk memenuhi bentuk pangsa pasar itu dengan pelatihan,dan menjawab kebutuhan masyarakat Bandung seperti yang disampaikan Ibu Menaker,” ungkap Sholahudin,

Menurutnya, ia melihat bahan-bahan konten itu seperti ada video dan poto- photo itu masukan ke fotografi, ada juga percetakannya bisa buat Label, ada juga yang desainnya,

“Bahkan ada sifat hal-hal kearah bagaimana kami bisa memfasilitasi temen-temen di Bandung dan Jawa Barat ini yang mau mengikuti pelatihan sifatnya konten kreatif kejuruan TIK di BBPVP Bandung,” tutur Sholahudin

Dalam peresmian Gedung LSP P2 Workshop Digital Creative itu juga dihadiri oleh Sekretaris Jenderal selaku Plt. Direktur Jenderal Binalavotas, Prof. Drs.Anwar Sanusi, Staf Ketenagakerjaan Caswiyono Rusydie Cakrawangsa, Staff Khusus Menteri Ketenagakerjaan Titik Masudah, Ketua BNSP, Syamsi Hari, Kepala Biro Humas Chairul Fadhly Harahap, Kepala Pusat Pasar Kerja, Muchamad Yusuf, Plt.Sesditjen Binalavotas (Direktur Bina Latvogan), Muhammad Ali, Kepala Disnakertrans Provinsi Jabar, Teppy Wawan Dharmawan, Kepala Disnaker Kota Bandung, Andri Darusman, Direktur Bina Standardisasi Kompetensi dan Program Pelatihan Mohomad Amir Syarifuddin, Direktur Bina Kelembagaan Pelatihan Vokasi Agung Nur Rohmad, Direktur Bina Instruktur dan Tenaga Pelatihan (Intala) Dodo Setiadi, Direktur Bina Peningkatan Produktivitas, Decky Haedar Ulum, Kepala Sekretariat BNSP Fauziah.

Kepala BBPVP Bekasi Herman Bija, Kepala BBPVP Serang Aan Subhan, Kepala BBPVP Semarang Heru Wibowo, Kepala BBPVP Medan, Kepala BBPVP Makassar, Kepala BBPKK Bandung Barat, Kepala BKKK (K3) Bandung, Kepala BPVP Banda Aceh,Kepala BPVP Padang, Kepala BPVP Surakarta, Kepala BPVP Samarinda, Kepala BPVP Kendari, Kepala BPVP Ternate, Kepala BPVP Ambon,Kepala BPVP Sorong, Kepala BPVP Bandung Barat, Kepala BPVP Lombok Timur, Kepala BPVPP Bantaeng, Kepala BPVP Sidoarjo, Kepala BPVP Banyuwangi, Kepala BPVP Pangkajene dan Kepulauan, Kepala BPVP Belitung, Kepala UPTD BLK Kabupaten Tasikmalaya, Kepala UPTD BLK Kab. Sumedang, Kepala UPTD BLK Kab. Garut, Kepala UPTD BLK Kab. Sukabumi, Kepala UPTD BLK Kota Banjar, Kepala UPTD BLK Ciamis, Kepala UPTD BLK Kuningan, Kepala UPTD BLK Purwakarta, Lurah Gumuruh, Camat Batununggal, Ketua FKLPID BBPVP Bandung.(Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.