Polda Maluku Gelar Operasi Merah Putih Tangkal Separatisme

AMBON, Harnasnews.com  – Kepolisian Daerah Maluku akan melaksanakan Operasi Merah Putih Siwalima yang bertujuan menangkal dan menindak tegas kelompok-kelompok berpaham radikalisme dan separatisme di daerah itu.

Kepala Biro Operasional Polda Maluku Kombes Pol Wantry Julianto, di Ambon, Rabu, mengatakan, Operasi Merah Putih Siwalima ini akan dilakukan dengan menggunakan pola pendekatan preemtif dan preventif.

Penegakan hukum, kata dia, akan dilakukan sebagai upaya terakhir dalam mengantisipasi para kelompok seperti simpatisan RMS.

“Sejumlah daerah yang dianggap rawan yaitu Kota Ambon, Kabupaten Seram Bagian Barat dan Kabupaten Maluku Tengah,” kata Wantry dalam Latihan Pra Operasi Merah Putih Siwalima di Aula Command Center Polda Maluku.

Agar operasi nanti berjalan lancar maka diharapkan kepada semua komponen di Polda Maluku dapat bersinergi dalam menjalankan fungsinya.

Kepada personil Intelkam agar dapat melakukan deteksi dini terhadap semua potensi gangguan yang akan terjadi sebelum dan setelah HUT RMS.

Personil Sabhara, lanjut Wantry, agar melaksanakan patroli pada tempat-tempat yang dianggap rawan dari aktivitas kelompok RMS. Sehingga bisa meminimalisir niat dan kesempatan agar terciptanya situasi yang kondusif.

Leave A Reply

Your email address will not be published.