Puluhan Pelaku UMKM di Bogor Dilatih Manajemen Usaha

BOGOR, Harnasnews – Sebanyak 40 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) diberi pemahaman tentang manajemen usaha yang difasilitasi Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bogor.

“Jadi ada 40 pelaku UMKM dari berbagai usaha yang diberi bimbingan teknis (Bintek), seperti usaha penangkaran ulat Jerman, sablon, bengkel dan usaha lainnya yang merupakan binaan Disnaker,” kata Sub Koordinator (Subkon) Kegiatan Perluasan Kerja pada Disnaker, Yadi Reffeliadi, SH kepada harnasnews.com, Kamis (25/08/2022).

Yadi menambahkan, maksud dan tujuan bintek ini agar para UMKM ini mengerti dalam proses manajemen usaha seperti dasar dasar laporan keuangan, perencanaan keuangan, penggunaan modal, pengelolaan modal, struktur modal dan monitoring.

“Artinya, mereka ini tidak hanya kami bekali dari segi kompetensi dalam berwirausaha saja melainkan juga kami bekali dengan pemahaman tentang manajemen keuangan dalam menjalankan kewirausahaan yang mereka kelola. Sehingga nantinya mereka ini dapat menjadi pelaku usaha yang sukses,” harapnya.

Menurutnya, kegiatan Bimtek ini cukup berhasil memajukan para UMKM di Kabupaten Bogor. Hal itu terbukti dari data Disnaker pasca Covid-19 dimana tingkat keberhasilannya mencapai 50 persen.

“Dimana sebelum Covid-19 angka pengangguran terbuka di Kabupaten Bogor jumlahnya mencapai 16 persen. Dan pasca Covid turun menjadi 14 persen,” tuturnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.