Ruang Digital jadi Sarana Efektif dalam Membangun UMKM

JAKARTA, Harnasnews – Pemanfaatan teknologi digital di Indonesia berkembang sangat pesat, bahkan penetrasinya telah sampai ke seluruh pelosok tanah air. Oleh karena itu, DPR mendukung upaya pemerintah yang terus mendorong pemanfaatan teknologi digital ini untuk berbagai kepentingan yang bermanfaat bagi masyarakat, termasuk meningkatkan produktivitas dan nilai tambah usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

“Pemanfaatan teknologi digital untuk mendorong pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah perlu dilakukan sebagai bagian dari transformasi ekonomi dan penguatan ekonomi kelompok masyarakat terbawah agar lebih produktif dan menghasilkan nilai tambah yang tinggi,” kata Ketua Komisi 1 DPR Meutya Hafid dalam keynote speakernya pada acara webinar Ngobrol Bareng Legislator bertajuk Pemanfaatan Ruang Digital Bagi UMKM, Selasa (2/5).

Webinar via zoom yang diselenggarakan DPR bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) diikuti 250 mahasiswa dari wilayah Sumatera Utara dan sebagian wilayah Jabodetabek.

Dalam acara webinar itu menghadirkan dua pembicara yakni, Dirjen Aptika Kemkominfo, Semuel A Pangerapan dan Owner Mommy_qr, Syarhil Lubis.

Politisi senior Partai Golkar itu juga menekankan, upaya perluasan akses pasar melalui kerja sama dengan berbagai platform digital marketplace (pasar digital) untuk memfasilitasi UMKM menjadi semakin diperlukan.

Hal ini mengingat UMKM memiliki kontribusi yang besar dan krusial, karena mencakup 99 persen dari jumlah unit usaha di Indonesia. “Selain itu, UMKM juga memberikan kontribusi 97 persen penyerapan tenaga kerja, 60 persen terhadap PDB nasional, serta penyumbang 58 persen dari total investasi dan 14 persen dari total ekspor,” ujarnya.

Sementara itu, Dirjen Aptika Kemkominfo, Samuel A Pangerapan mengatakan Perkembangan digitalisasi di Indonesia berkembang sangat signifikan dan mampu mendorong terciptanya ekosistem digital yang baik dalam beberapa tahun belakangan ini.

Ditambah dengan adanya dorongan pandemi c
Covid-19 yang melanda Indonesia sejak awal tahun 2020 telah meningkatkan penggunaan internet dan mempercepat adopsi digital pada kegiatan sehari-sehari.

Pemerintah, kata Semuel, mendorong masyarakat untuk dapat beradaptasi menggunakan aplikasi digital dan meningkatkan kompetensi digital masyarakat.

Di tempat yang sama, Owner Mommy_qr, Syarhil Lubis mengatakan UMKM memiliki peranan penting dalam perekonomian Indonesia. “Karena UMKM menjadi sumber daya ekonomi yang besar sekaligus sektor usaha yang paling banyak di Indonesia,” kata Syarhil.

Menurut Syarhil, poin penting UMKM lainnya dalam perekonomian Indonesia adalah, UMKM menjadi penggerak ekonomi lokal di daerah-daerah. “Setidaknya UMKM dapat membantu mengembangkan potensi daerah. Sekaligus mengurangi disparitas ekonomi antara daerah yang maju dengan daerah yang kurang maju,” jelasnya. (Pri)

Leave A Reply

Your email address will not be published.