SAR Jakarta Buka Unit Siaga SAR Bekasi, Percepat Aduan Darurat

KOTA BEKASI, Harnasnews.com – Mempercepat responsibilitas dalam pencarian maupun penanganan dan bidang SAR, Pemkot Bekasi bekerjasama dengan SAR Jakarta membuka Unit Siaga SAR Bekasi.

Kantor Unit Siaga SAR Bekasi terletak di area Stadion Patriot Chandrabhaga yang dahulu masuk dalam area kantor imigrasi kota Bekasi.

“Saya berharap dengan berdirinya Unit Siaga di wilayah Bekasi ini bisa memaksimalkan dalam pelaksanaan operasi SAR kepada masyarakat serta bisa menekan korban jiwa,” ujar PJ Sekda Kota Bekasi Junaedi, Pj kepada media pada Selasa (14/03/23).

Sementara itu, senada dengan Pj Sekda, Kepala Kantor SAR Jakarta, Fazzli menjelaskan bahwa keberadaan Unit Siaga SAR ini untuk mendukung pelaksanaan dalam rangka penyelamatan bidang SAR khususnya di Kota dan Kabupaten Bekasi.

“Jadi Basarnas melalui Kantor SAR Jakarta mendirikan kantor ini untuk memperkuat pemerintah daerah seperti BPBD dan Damkar sehingga sinergitas Basarnas dengan seluruh stakeholder bisa mempercepat respon masyarakat,” ujar Fazzli.

Dengan personil yang memiliki kualifikasi tersendiri dalam bidang SAR, Unit Siaga ini akan mampu mengcover penyelamatan sesuai dengan standar, dibantu peralatan yang memadai.

“Peralatan SAR juga tersedia seperti peralatan selam, peralatan SAR untuk di air, dan peralatan untuk menangani bencana di jalan raya dan bangunan runtuh. Kendaraan juga ada seperti truk,” imbuhnya.

Masyarakat bisa langsung menghubungi ke Call Center 115, dan akan langsung ditindaklanjuti penanganannya informasi kedaruratan yang diterima.

Unit Siaga SAR Bekasi menyiapkan 10 orang personil yang akan siaga di kantor itu, untuk merespon panggilan atau aduan dari masyarakat selama 24 jam.

“Standby 1×24 jam kemudian saya harap unit siaga SAR Bekasi. Ini bisa berkembang nanti fasilitas dan SDA bisa ditingkatkan lagi,” tukasnya.

Selain itu juga program pelatihan dilakukan oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta kepada anggota Unit Siaga SAR dilakukan dari berbagai unsur baik TNI, Polri maupun unsur pemerintah, elama 6 hari di Situ Gede, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Pelatihan teknis potensi SAR di air merupakan bentuk pembelajaran yang dilakukan oleh Kantor SAR Jakarta untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan serta pembentukan sikap mental kepada para peserta.

Jumlah personil Kantor SAR Jakarta yang dimiliki pada saat ini cukup terbatas tidak sesuai dengan luasnya wilayah kerja oleh karena itu sangatlah penting program pelatihan dilaksanakan. (Mam).

Leave A Reply

Your email address will not be published.