Satlantas Polreta Sidoarjo Berlakukan Ujian Praktik SIM Berbasis IT

Pemohon SIM saat melakukan ujian praktik dipandu sama Anggota .( Foto : HNN )

Lebih lanjut Fahrian menjelaskan, sebelumnya pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada beberapa Polsekta yang memiliki lokasi ujian praktik. Dengan harapan tempat tersebut digunakan untuk latihan mereka. Setiap hari Satlantas Polresta Sidoarjo mampu melayani ratusan pemohon SIM, namun mereka yang berhasil lolos hanya sekitar 50 hingga 60 pemohon.

“Mulai saat ini pemohon SIM tidak ada antrean, karena pemohon harus mendaftarkan melakukan online terlebih dahulu dengan sistem e-SIM. Selain itu para pemohon bisa menggunakan sepeda motor sendiri, namun harus sepeda motor jenis bebek,” jelas Fahrian.

“Para pemohon gak usah merasa takut untuk melakukan ujian praktik sistem sensor seperti ini. Kasatlantas Polresta Sidoarjo Kompol Fahrian Saleh Siregar, S.I.K. mengatakan, untuk SSDT pengendara roda dua.

Dia menambahkan, inovasi SSDT atau sensor ultrasonik dilengkapi dengan lampu rotator. Sensor akan bekerja di saat pengendara akan melakukan praktek SIM. Jika pengendara melewati batas sensor yang ditentukan, maka secara otomatis akan memantulkan bunyi atau suara.

Sedikitnya ada sebanyak 29 sensor ultrasonik yang terpasang di beberapa titik lokasi praktik SIM. Menurutnya, adanya sensor ultrasonik sekaligus menjawab banyaknya keluhan masyarakat terkait kepengurusan SIM, khususnya praktek pembuatan SIM.

“Jika selama ini warga beranggapan dipersulit dan sebagainya, maka alat ini cukup membantu memudahkan mereka. Jadi, mereka bisa tahu kesalahannya sendiri saat mengendarai motor,” jelasnya.

Di lokasi ujian praktek SIM terdapat beberapa model lintasan, di antaranya, lintasan lurus, lintasan zig zag, lintasan angka delapan, dan lintasan putar balik. Selain sensor ultrasonik, juga dilengkapi dengan traffic cone.Karena setelah kami mencoba ternyata mudah, asal perlu hati-hati.

“Sistim kerja sensor ultrasonik melalui kabel terhubung dengan komputer langsung keluar nilai pemohon SIM seusai melakukan ujian praktik, jadi tidak mengunakan jaringan internet,” papar Fahrian.(Red/Net/HNN)

Leave A Reply

Your email address will not be published.