Seni Mural Di Kampung KB Di Kota Bekasi Berikan Warna Tersendiri

“Di samping untuk edukasi warga rw.10, dalam Mural kami juga selaku pengurus kampung KB Kenanga RW 10 dalam rangka HUT RI ke 75 Tahun di suasana pandemi Covid 19 kami juga adakan lomba mural antar RT yang berada di wilayah RW 010 dan juri yang kami siapkan adalah netral dari unsur kecamatan, kelurahan serta BKM dan LPM kel. Kotabaru” kata Husein.

Lomba Mural Kp. KB Kenanga 10 Kotabaru dengan kriteria yaitu, Sosialisasi 8 fungsi Kp.KB, Sosialisasi STANTING, Sosialisasi UPPKS dan Sosialisasi PIK-R ( Pusat Informasi Keluarga Remaja ).

Ada 8 fungsi Keluarga Kampung KB meliputi fungsi, Agama, Pendidikan, Kesehatan(Reproduksi), Ekonomi, Sosial dan Budaya, Kasih Sayang, Perlindungan serta Pembinaan Lingkungan. Hal tersebut akan dipertahankan kampung KB untuk terus memberikan edukasi kepada warga masyarakat.

Selain pemandangan serupa juga terlihat di kelurahan Bintara Jaya, Bekasi Barat. Mural dengan berbagai gambar dengan corak dan warna menghiasi setiap sudut RW 08.

Menurut ketua Kampung KB Kenanga RW 08 kelurahan Bintara Jaya Mursidi mengatakan bahwa kegiatan mural tersebut murni atas kreatifitas warganya.

“Tujuan mural ini adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya mengenal tentang KB demi menjaga ketahanan keluarga, sarana gambar atau media menggambar sendiri dilakukan pada dinding atau tembok warga berada di gang atau jalan,” kata Mursidi.

Kampung KB Kenanga RW 10 Kelurahan Kota Baru dan Kampung KB Kenanga RW 08 Bintara Jaya diharapkan menjadi motor penggerak bagi wilayah lain untuk melakukan hal serupa bagi lingkungannya. Selain sedap dipandang mata, hal tersebut juga akan meningkatkan kecintaan seni bagi warga masyarakat di lingkungannya.

Semua berperan dalam kegiatan mural di kampung KB di dua kelurahan tersebut. Baik dari pengurus RT hingga warga bahu membahu menciptakan karya seni di lingkungannya (Mam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.