Siswa Baru Ikuti LOS,1.200 Burung Dilepas ke Alam Bebas

Kepala SMPN 6 Surabaya Ahmad Sya’roni, S.Pd, M.Pd. saat melepaskan burung kealam bebas.

SURABAYA,Harnasnews.com –  Ada yang berbeda dalam LOS kali ini agar siswa baru bisa enjoy, nyaman dan tidak tertekan.” Itulah pesan yang disampaikan Kepala SMPN 6 Surabaya Ahmad Sya’roni, S.Pd, M.Pd.

Tentang Layanan Orientasi Siswa (LOS) di sekolahnya yang dimulai Senin (16/07) pagi.Sekolah yang beralamat di Jl. Jawa No. 24 ini memulai LOS dengan salat Duha berjamaah dan membaca beberapa surah dalam kitab suci Alquran serta artinya. Ibadah ini dilakukan di halaman sekolah mulai pukul 07.00 WIB. “Bagi yang beragama Kristen, Buddha, Hindu, juga kami fasilitasi di ruangan atas,” ujar pria yang akrab disapa Roni ini.

Acara selanjutnya upacara penyambutan siswa baru. Secara simbolis kepala sekolah mengganti topi SD dengan topi SMPN 6 kepada dua perwakilan siswa baru. Upacara penyambutan ditutup dengan melepas ribuan burung yang dibawa oleh siswa baru.

“Setiap anak membawa tiga burung. Jenisnya bebas. Bila ada 400an siswa berarti melepas 1.200an burung ke alam bebas,” kata Roni. Pelepasan burung ini, lanjut Roni, sebagai tanda mensyukuri yang sudah didapat. Selain itu, Sebagai sekolah ramah lingkungan, pihaknya menghindari melepas balon ke angkasa.

Roni mengungkapkan, pelaksanaan LOS sampai dengan Kamis (19/07) mendatang. Hari Rabu (18/07) diisi dengan pentas seni yang menampilkan kreativitas anak-anak. “Hari terakhir, Kamis, ada bakti sosial. Beberapa perwakilan siswa baru didampingi OSIS akan memberikan bantuan kepada masyarakat sekitar rel kereta api. Ini untuk mengajari mereka bersyukur dan peduli kepada sesama,” ujarnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.