Startup Berkontribusi Angkat Perekonomian Nasional

Di tempat yang sama, Co-Founder keloladang.com, Raju Pratama mengatakan keloladang merupakan startup yang membantu para petani dalam mengelola ladangnya.

Keloladang, kata Raju Pratama, sama halnya dengan startup lainnya mendesign teknologi agriculture farming, cuma kelebihannya, keloladang juga membantu para petani lokal seperti di Sumatera Utara untuk mendata tanaman sekaligus waktu yang tepat dalam bercocok tanam.

“Jadi para petani bisa tahu kapan waktu menanan yang baik serta penghitungan masa panen tanamannya melalui teknologi ini,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Raju Pratama, keloladang juga memberikan informasi harga pasar tanaman sehingga para petani bisa menjual hasil ladangnya dengan margin keuntungan yang tinggi tanpa harus melalui para tengkulak.

Di tempat yang sama, Dirjen Aptika Kemenkominfo, Semuel A Pangerapan mengatakan kehadiran pandemi Covid-19 di tengah pesatnya perkembangan teknologi telah mengubah cara masyarakat dalam beraktivitas dan bekerja. “Kehadiran teknologi sebagai bagian dari kehidupan di masyarakat inilah yang mempertegas bahwa kita sedang menghadapi era disrupsi teknologi,” ujarnya.

Untuk menghadapi hal tersebut, lanjut Semuel, dibutuhkan kerja sama masyarakat dalam mewujudkan agenda transformasi digital di Indonesia.

Salah satu pilar penting terwujudnya agenda transformasi digital adalah menciptakan masyarakat digital dimana kemampuan literasi digital menjadi salah satu peranan penting di dalamnya. (Jim)

Leave A Reply

Your email address will not be published.