Tahun Ini Sumbawa Dapat Bantuan DAK Untuk Bangun 21 Bank Pakan Ternak

SUMBAWA, Harnasnews – Dalam rangka membantu para kelompok petani ternak, tahun ini Kabupaten Sumbawa mendapat bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) sejumlah miliaran rupiah. Anggaran tersebut diperuntukan untuk pembangunan 21 bank pakan ternak yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Sumbawa.

“Alhamdulillah tahun ini Pemerintah Pusat telah menggelontorkan bantuan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) mencapai sekitar Rp 8 miliar bagi menunjang pembangunan 21 Unit Bank Pakan ternak di Kabupaten Sumbawa,” ungkap H. Junaidi Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sumbawa. Rabu (8/3).

Menurutnya, saat ini tim teknis tengah memproses seluruh dokumen kelengkapan bagi proses jasa pengadaannya.

“Terkait dengan program pembangunan fisik bidang peternakan tahun 2023 ini, Alhamdulillah Sumbawa mendapatkan bantuan bagi pembangunan 21 unit Bank akan Ternak yang tersebar pada sejumlah Kecamatan, dimana saat ini tim teknis tengah bekerja ekstra untuk segera menuntaskan seluruh dokumen yang dibutuhkan dalam proses jasa pengadaannya, terutama berkaitan dengan kelompok tani ternak penerima manfaat melalui kegiatan verifikasi Calon Penerima dan Calon Lokasi (CPCL),” paparnya.

Sebab lanjut H. Junaidi ada 21 lokasi yang mendapatkan bantuan tersebut dengan luas areal lahan yang harus disiapkan seluas 3 Are dalam bentuk hibah, diantaranya seperti di Kecamatan Alas, Moyo Hilir hingga Kecamatan Orong Telu dan puluhan Kecamatan lainnya.

Menurut dia, sesuai dengan juklak dan juknis terkait dengan pembangunan bank pakan ternak ini, maka satu unit bangunan bank pakan lengkap dengan sejumlah peralatan itu biaya pembangunannya dialokasikan mencapai sekitar Rp 400 Juta/unit.e

“Sehingga diharapkan dengan dibangunnya bank pakan ternak ini ke depan ketersediaan akan pasokan pakan ternak yang dibutuhkan kelompok petani ternak setempat dapat tersedia pada saat dibutuhkan yang selalu tersimpan pada bank pakan, yang jelas dengan keberadaan bank pakan ini tentu akan dapat membantu petani dalam ketersedian pakan ternak yang cukup dan memadai,” jelasnya

Junaidi juga mengungkapkan selain bantuan DAK untuk pembangunan 21 unit Bank Pakan ternak, dalam tahun 2023 ini juga ada bantuan DAK mencapai sekitar Rp 2 miliar untuk menunjang kegiatan operasional, pengadaan obat-obatan (vaksin) dan jasa bagi teman-teman medik veteriner dan paramedik veteriner, serta menunjang kegiatan sosialisasi dan action lapangan. (HR)

Leave A Reply

Your email address will not be published.