Tim Gabungan Melaksanakan P4GN Di Lapas Kelas IIB Pasuruan

Nasional

Pasuruan, Harnasnews.com – Tim Gabungan yang terdiri dari Lapas Kelas IIB Pasuruan, BNN Pasuruan, Polres Pasuruan Kota, dan Kodim 0819 Pasuruan melaksanakan Kegiatan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Lapas Kelas IIB Pasuruan, pada hari selasa (06/04/2021).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memerangi peredaran Narkoba ditingkat lapas, dan kegiatan dilaksanakan sekira pada pukul 20.00 WIB di Lapas Kelas IIB Pasuruan.

Dalam kegiatan dilakukan pemeriksaan secara acak, baik dari penghuni Lapas maupun ruangan yang ada di lingkungan lapas, yang meliputi ruangan penghuni lapas dan ruangan anggota pegawai lapas.

Diketahui bahwa Lapas Kelas IIB Pasuruan berkapasitas 300 orang, namun saat ini Lapas Kelas IIB Pasuruan dihuni 820 orang, dan sudah overload, maka dari itu setiap ruang yang dihuni sampai dengan 60-70 orang.

Diruang para penghuni lapas dilakukan pemeriksaan insentif, dengan memeriksa satu-persatu penghuni lapas saat dikeluarkan dari ruangannya secara bergantian, dan dilanjutkan dengan pemeriksaan atau penggeledahan ruangan yang dihuni secara detail.

Bahkan halaman yang berada di lingkungan Lapas ikut di periksa oleh tim gabungan. Tidak hanya itu, tim gabungan memilih secara para penghuni Lapas untuk dilakukan test urine, bahkan para pegawai Lapas ikut diperiksa urine nya.

Diketahui bahwa ada sebanyak 50 orang penghuni dan pegawai Lapas Kelas IIB Pasuruan yang ikut periksa urinenya, yakni sevanyak 39 orang penghuni Lapas, dan 11 orang Pegawai Lapas Kelas IIB Pasuruan yang di periksa oleh tim gabungan.

Yhoga Aditya Ruswanto AMd.IP, SH, MJum selaku Ka.Lapas Kelas IIB Pasuruan menyampaikan dalam Konferensi Pers bahwa pihak Lapas sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh tim gabungan.

“Saya mewakili seluruh jajaran Lapas Kelas IIB Pasuruan, sangat mendukung dengan adanya kegiatan malam ini, karena pihak Lapas pun ingin memerangi serta memberantas seluruh jaringan peredaran Narkoba,” ujar Ka. Lapas.

“Dengan sinergitas ini, pihak Lapas akan terus melakukan kordinasi dan komunikasi dengan pihak-pihak terkait agar bisa memerangi serta memberantas Narkoba di tingkat Lapas, dan kegiatan ini akan rutin dilakukan untuk kedepannya,” imbuh Yhoga Aditya Ruswanto.

Dalam kegiatan ini tidak ditemukan apapun yang terkait dengan penyalahgunaan Narkoba, serta hasil dari test urine yang dilakukan semuanya tidak ada yang positive menggunakan Narkoba.

Kepala BNN Pasuruan AKBP Erlang Dwi Permana menyampaikan “dalam kegiatan saat ini yang dilakukan oleh tim gabungan dari BNN, Lapas, Polri, dan TNI, tidak ditemukan apapun terkait dari P4GN,” tuturnya.

“Untuk kedepannyan saya akan terus berkordinasi dengan pihak-pihak terkait agar kegiatan ini dilakukan secara rutin, dan untuk waktunya akan dilakukan secara dadakan seperti saat ini, dalam intinya pihak BNN Pasuruan akan terus memerangi peredaran Narkoba dari segala lini atau aspek,” tegas AKBP Erlang Dwi Permana.(Hid)

Leave A Reply

Your email address will not be published.