TMMD Ke 102 Resmi Dibuka, Warga Antusias Ikuti Upacara Pembukaan

BALI,Harnasnews.Com – Dalam memulai kegiatan perlu dilakukan upacara pembukaan untuk memberikan gaung sehingga masyarakat dapat mengetahui. Hal ini terlihat pada antusias warga saat mengikuti Upacara Pembukaan TMMD Ke 102 TA. 2018 Kodim 1617/Jembrana yang dilaksanakan Selasa (10/07), bertempat di Lapangan Umum Desa Delod Brawah, Kecamatan Mendoyo, Jembrana, Bali.

TMMD dengan tema *”Manunggal Membangun Karakter Generasi Milenial”* yang diselenggarakan oleh Kodim1617/Jembrana tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Jembrana I Putu Arta S.E., M.M., yang bertindak selaku Inspektur Upacara.

Pada kesempatan tersebut Bupati Jembrana membacakan sambutan Gubernur Bali, I Made Mangku Pastika yang mengatakan bahwa TMMD dilaksanakan dalam upaya untuk pemberdayaan masyarakat, sekaligus membangun keswadayaan dan partisipasi masyarakat dalam mendukung proses pembangunan.

Keterlibatan TNI dalam pembangunan di desa pada hakikatnya merupakan bentuk nyata bahwa kemanunggalan TNI dengan masyarakat harus tetap terpelihara dengan baik dalam mengakselerasi proses pembangunan di desa.

Menurut Gubernur Bali hal ini selaras sebagaimana yang menjadi amanat pada butir ke 3 dari Nawacita, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran atau dari desa.

Perubahan mendasar dalam sikap dan mental yang Iebih dikenal dengan istilah *Revolusi Mental* yang diikrarkan Presiden Joko Widodo pada tahun 2015 lalu merupakan suatu gerakan secara menyeluruh dan harus dimaknai sebagai suatu gerakan fundamental baik dari cara pandang, cara pikir dan cara kerja segenap elemen bangsa yaitu tataran pemerintah, TNI sebagai wahana keamanan dan ketertiban bangsa serta seluruh lapisan masyarakat yang dituangkan dalam 3 (tiga) pilar revolusi mental yaitu integritas, etos kerja dan gotong royong.

Melalui moment seperti ini diharapkan dapat memotivasi dan memperkuat upaya kita dalam memberdayakan masyarakat sebagai pelaku atau subyek pembangunan dengan semangat dan jiwa baru yang berintegritas, beretos kerja dan memiliki gotong royong tinggi, yang pada akhirnya akan mempercepat jalannya penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan nasional, khususnya di Provinsi Bali.

Leave A Reply

Your email address will not be published.