TNI AL Semarang Gelar Upacara HUT KE-78 Kemerdekaan Republik Indonesia

 

Semarang,Harnasnews – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Semarang dengan Komandan Kolonel Marinir Hariyono Masturi, M. Tr. Hanla., M.M., menggelar upacara dalam rangka peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 dengan tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”, yang di laksanakan di lapangan apel Markas Komando (Mako) Lanal Semarang Jalan Arteri RE Martadinata No 12 Semarang. Kamis (17/8/2023).

Komandan Lanal Semarang yang diwakili oleh Dandenpom Lanal Semarang Mayor Laut (PM) Saji Wardoyo, bertindak sebagai Inspektur Upacara dan sebagai Komandan Upacara Kaur Gakkum Lanal Semarang Kapten Laut (PM) Dwi Bagus Sunarto, sementara susunan pasukan upacara antara lain 1 (satu) Deputasi Perwira, 2 (dua) SST Bintara, 1 (satu) SST Tamtama, serta 1 (satu) SST Pegawai Negeri Sipil Lanal Semarang.

Dalam amanatnya Inspektur Upacara membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, antara lain menyampaikan Kemerdekaan bukan hanya sekedar sebuah status politik atas terbebasnya kita dari belenggu penjajahan, namun lebih dari itu, kemerdekaan melahirkan tanggung jawab besar bagi seluruh komponen bangsa untuk mengisi kemerdekaan dengan pembangunan di berbagai aspek kehidupan. Hal ini demi mewujudkan cita-cita para founding fathers negara ini, yaitu negara Indonesia yang merdeka, bersatu dan berdaulat dalam suatu tatanan masyarakat yang cerdas, adil dan makmur.

Pemerintah telah menetapkan tema peringatan hari ulang tahun ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia yaitu “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”. Tema ini merefleksikan semangat Bangsa Indonesia untuk senantiasa melanjutkan perjuangan dalam pembangunan, serta saling bersinergi dan berkolaborasi untuk mewujudkan negara Indonesia yang semakin maju dan sejahtera.

TNI Angkatan Laut memiliki tugas dan tanggung jawab moral maupun konstitusional untuk melaksanakan pembangunan nasional di bidang pertahanan matra laut. Untuk itu, program pembangunan kekuatan dan pembinaan kemampuan TNI Angkatan Laut diarahkan untuk mendukung terwujudnya pertahanan maritim yang dapat mengatasi segala bentuk ancaman, sehingga program pembangunan nasional dapat terwujud dengan aman dan lancar.

TNI Angkatan Laut harus mampu membina dan memberdayakan potensi maritim bagi kepentingan pertahanan negara. Program penguatan sektor maritim melalui visi poros maritim dunia menjadi momentum bangkitnya semangat generasi muda bangsa untuk mencintai dan mengelola sumber daya laut, serta meraih kembali sejarah kejayaan bahari bangsa Indonesia.

Pembangunan kekuatan TNI Angkatan Laut tidak hanya difokuskan pada pembangunan alutsista semata namun pembangunan kualitas sdm prajurit dan pengawas organisasi yang unggul juga harus terus kita laksanakan.

Menjelang tahun politik yang akan kita hadapi menjelang pemilu 2024, saya menekankan kepada seluruh prajurit matra laut agar senantiasa memegang teguh netralitas dan tidak terlibat dalam ranah politik praktis.

Di samping itu dihadapkan dengan perkembangan era digital dan keterbukaan informasi saya menegaskan pada seluruh prajurit untuk mampu menjaga nama baik institusi TNI dengan memfilter setiap informasi yang berkembang dan menggunakan media sosial secara bijak.( Budi/Pen Lanal Semarang).

Leave A Reply

Your email address will not be published.