TNI Membangun Jalan Mempermudah Masyarakat Menuju Pura dan Membawa Hasil Panen

BALI,Harnasnews.Com – Pura Subak Bergiding terletak di Br. Pundung Desa Pangsan Kec. Petang – Badung. Pura ini mempunyai pemedek/krama sekitar 123 orang dengan dengan luas wilayah persawahan 110 Ha.

Pura Subak Bergiding dibangun oleh pemilik lahan dan petani yang diperuntukan bagi dewi kemakmuran dan kesuburan biasanya disebut Dewi Sri.

Kelian Subak Bergiding I Made Sukarta (59 Th) Br. Sekarmuti Desa Pangsan mengucapkan terima kasih atas terwujudnya jalan yang sedang digarap oleh Bapak-bapak TNI, kalau dulu warga/masyarakat yang akan melaksanakan persembahyangan disini, harus memuter dulu jalannya.

Kalau sekarang bisa langsung dan lebih dekat termasuk membawa hasil panen ongkos angkut akan lebih murah. Dumogi lancar pemargi niki.

Pemangku Pura Subak Bergiding, Ketut Gede Suardika (59 Th) mengatakan piodalan disini (Upacara) biasa dilaksanakan pada Purnama ke lima kalenderan bali.

Saya ucapkan terima kasih pada aparat Desa, Pemerintah Badung dan khususnya bapak-bapak TNI yang sudah merintis jalan ke Pura. Kalau sudah jadi jalan ini jauh lebih efektif daripada jalan yang ada sekarang.

Sementara Mayor Inf Ariayanto mengatakan untuk hari ini, tenaga dibagi dua, ada yang kerja pagi dan sore, mengingat saat ini Sabtu (31/3) merupakan hari Tumpek Landek. Bagi umat Hindu merupakan hari raya pemujaan kepada Ida Bhatara Sang Hyang Siwa Pasupati sebagai dewanya taksu.

Hari raya Tumpek Landep sendiri merupakan rentetan setelah hari raya saraswati, dimana pada hari ini umat hindu melakukan puji syukur atas berkah yang telah diberikan oleh Ida Sang Hyang Widhi Wasa dalam manifestasinya sebagai Ida Bhatara Sang Hyang Pasupati.(Vidi)

Leave A Reply

Your email address will not be published.