UKM Rajutan Malang Akui Makin Nyaman Kembangkan Usaha Setelah Terima Hak Cipta

Prima dibantu Ibunya mendaftarkan Hak Cipta setelah mendapat tawaran langsung dari Dinas Koperasi dan UKM. Fasilitas itu gratis hanya harus memenuhi syarat maupun proses pengurusan yang diakui sangat mudah. Hanya mengisi form, KTP, KK, dan menyertakan produk yang ingin didaftarkan.

Beruntung Ibunya yang sering mengikuti pelatihan dan kegiatan dinas setempat sehingga mereka bisa mendapatkan informasi tersebut. Sebab menurut Prima, tidak semua pelaku UKM yang ditawarkan untuk mendaftarkan Hak Cipta. Rata-rata UKM yang lain hanya ditawarkan Hak Merek.

“Manfaat pasti ada, tetapi saya masih kurang memanfaatkan ini, karena untuk secara riil penjualan lingkungan di sini-sini saja belum terlalu membutuhkan Hak Cipta. Mungkin kalau saya sudah mulai memasarkan produk saya ke Luar Negeri saya sangat membutuhkan Hak Cipta ini,” papar dia.

Prima menekuni dunia usaha sejak 2015. Ia sebenarnya melanjutkan usaha ibunya. Setelah kurang lebih 3 tahun berjalan Prima merasakan usahanya sudah mulai berkembang. Di tempat tinggalnya itu, Prima membangun usahanya bersama 8 orang karyawannya.

Prima baru memiliki satu butik, tetapi untuk memasarkan produk-produknya ia memanfaatkan media sosial, selain mengikuti berbagai pameran. Seorang karyawan diberi tugas khusus untuk menjual hasil usahanya melalui media sosial. Karena ia sadar masyarakat kini lebih suka membeli barang via online.

“Dulu saya sempat sistem nitip ke berbagai butik, tetapi menurut saya malah tidak efektif, karena jadi tercecer produknya di sana sini. Jadi ya saya lebih milih masarin produk sendiri melalui media sosial (instagram),” ungkapnya.

Kepemilikan hak cipta itu ia rasakan menjadi salah satu keberpihakan pemerintah terhadap para pelaku UKM seperti dirinya. Ia pun bersyukur dan berharap pemerintah terus memperhatikan pelaku usaha mikro dan kecil agar terus berkembang.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Jokowi-JK yang sudah memberikan perhatian besar kepada rakyat kecil,” katanya.(Red/Dar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.