Ungkapan  Rasa  Syukur  Naik  Pangkat Personil  KOLINLAMIL Ceburkan  Diri  Kelaut

Tradisi bagi prajurit Kolinlamil yang naik pangkat menceburkan diri kelaut sebagai ungkapan rasa syukur di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Jakarta,Harnasnews.Com  – Panglima Komando Lintas Laut (Pangkolinlamil) Laksma TNI R. Achmad Rivai, S. E., M. M. secara resmi menerima laporan korps kenaikan pangkat perwira Kolinlamil dalam upacara, di gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta, Senin (2/10).

Laporan kenaikan pangkat ini dipimpin Kepala Dinas Hukum (Kadiskum) Kolinlamil Kolonel Laut (KH) Achadi Santoso, S. H. yang menjadi perwira tertua yang naik pangkat menjadi Kolonel.

Pangkolinlamil dalam amanatnya antara lain mengatakan bahwa kenaikan pangkat merupakan wujud kepercayaan yang diberikan pemimpin TNI AL kepada para personel yang telah menunjukkan integritas pribadi dan prestasi di dalam mengemban tugas serta loyalitas dan dedikasi terhadap dinas, hal ini sekaligus sebagai refleksi dan konsistensi prinsip pembinaan personel dengan reward dan punishment.

Lebih lanjut Pangkolinlamil mengatakan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu cepat perubahannya sangat berpengaruh dalam pengembangan profesionalisme dan karier, yang menuntut kesiapan dan kemampuan dalam melaksanakan tugas secara optimal.

Berkenaan dengan hal tersebut, Pangkolinlamil mengharapkan kepada seluruh perwira agar tetap memacu diri dengan menambah ilmu pengetahuan, baik di dalam, maupun di luar lingkup keangkatanlautan serta selalu meningkatkan kinerja, kualitas keimanan, ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan jiwa keprajuritan.

Sebanyak 17 perwira Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) yang berdinas di Mako Kolinlamil maupun Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta dan Surabaya per tanggal 1 April 2018 memperoleh kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula.

Ke-17 perwira Kolinlamil tersebut yang berhak menyandang pangkat satu tingkat lebih tinggi dari Letkol ke Kolonel 2 orang diikuti 6 orang Perwira lain berpangkat Mayor menjadi Letkol, dan 9 orang Perwira berpangkat Kapten menjadi Mayor.

Sementara itu kenaikan pangkat juga dilaporkan para prajurit Bintara dan Tamtama yang dilaksanakan di lapangan apel Mako Kolinlamil usai apel gabungan yang dipimpin Komandan Denma Mako Kolinlamil Letkol Laut (P) Jan Lucky Boy Siburian S.E..

Para Bintara dan Tamtama Kolinlamil yang naik pangkat tersebut berjumlah 173 orang yang terdiri dari 88 orang bintara dan 85 orang Tamtama.

Sesuai dengan tradisi di TNI AL, usai kenaikan pangkat para prajurit baik Perwira, Bintara maupun Tamtama yang naik pangkat menceburkan diri ke laut tepi dermaga Kolinlamil sebagai bentuk pengabdian prajurit matra laut..

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.