Upaya Kemenkes Amankan Stok Vaksin Covid-19

JAKARTA, Harnasnews.com – Negara-negara kini tengah berebut untuk mendapatkan akses vaksin Covid-19. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pun terus mengupayakan mengamankan vaksin Covid-19 untuk total sasaran 181,5 juta jiwa penduduk Indonesia.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) Oscar Primadi mengatakan, total target vaksinasi Covid-19 di Tanah Air sebanyak 181,5 juta penduduk. “Artinya 360 juta dosis vaksin Covid-19 diharapkan bisa diselesaikan hingga akhir tahun nanti. Ini bukan pekerjaan mudah tentunya karena vaksin Covid-19 di dunia memang terbatas,” katanya saat mengisi konferensi virtual Siaran Radio Kesehatan bertema Refleksi 1 Tahun Pandemi Covid-19 di Indonesia, Jumat (5/3).

Kelangkaan vaksin Covid-19 ini diakui Oscar akan menjadi rebutan negara-negara. Ia menyontohkan ada negara tetangga yang hingga kini belum melaksanakan vaksinasi seperti yang dilakukan Indonesia.

Sayangnya Oscar tak menyebutkan negeri jiran tersebut. Dia melanjutkan, pemerintah Indonesia sejak awal mengupayakan vaksin ini.

Hasilnya, Indonesia mendapatkan suplai vaksin Covid-19 dari Sinovac dan penghasil vaksin merek ini menjamin bahwa vaksin bisa dipenuhi sebesar kebutuhan selama 2021.

Bukan hanya itu, dia menambahkan, skema aliansi vaksin dunia dan organisasi kesehatan dunia PBB (Gavi/Covax) yang diberikan secara gratis juga akan tiba. Kemudian vaksin AstraZeneca juga akan didapatkan.

“Sejauh ini persediaan vaksin Sinovac masih mencukupi, nanti ditambah vaksin AstraZeneca dan tentunya semua merek vaksin penting untuk didapatkan termasuk Novavax. Jadi, kami jamin akan tersedia dengan baik meski di dunia ada keterbatasan,” katanya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.